Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
jenis oli motor yang umum di indonesia
Edukasi

4 Jenis Oli Motor Yang Musti Dipahami, Jangan Salah Beli!

Oli merupakan bagian penting dari kehidupan berkendara para bikers. Tanpanya, mesin motor terasa hampa. Bisa dibilang oli merupakan elemen penting untuk memberi kehidupan buat motor agar terus enak dibawa bepergian kemana aja, apalagi buat yang sering touring bro! Berdasarkan bahan dasarnya, ada empat jenis oli, yakni mineral, semi-sintetik, full sintetik dan full sintetik ester. Wah banyak juga ya, berikut penjalasan singkat mengenai masing-masing jenis oli tersebut :

 

Oli Mineral

Oli mineral terbuat dari base oil yang diambil dari minyak bumi murni. Namun kemudian diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat–zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya. Karena “tidak akurnya” kandungan zat adiktif dengan base minyak bumi inilah, yang membuat jenis oli motor seperti ini jadi (viskositas) kurang stabil pada suhu tinggi.

silinder blok keramik ninja 250

Meski begitu, hal tersebut menjadi keunggulan dari oli mineral yaitu ketika masa inreyen (piston dan blok silinder baru) dianjurkan untuk menggunakan oli mineral. Ini karena struktur molekul oli mineral yang nggak rata dapat membuat komponen saling mengikis satu sama lain, sehingga komponen mesin baru bisa bertaut dengan pas dan beradaptasi dengan mekanismenya. Hanya saja, oli jenis ini kurang mumpuni jika digunakan pada motor keluaran terbaru.

 

Oli Cepat Habis? Ciri Dan Penyebabnya Bisa Beragam Sob!

 

Oli Semi Sintetik

Oli semi sintetik atau synthetic blend oil adalah campuran antara oli mineral (minyak bumi) dengan oli sintetik. Campuran base oli sintetik dengan persentase tertentu ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dari oli mineralnya. 

Berbeda dengan oli mineral, semi-sintetis menggunakan base oil sintetis lebih baik yang dapat meminimalisir kembali nitrogen, sulfur, oksigen, wax dan logam berat lainnya pada base oil mineral.

Dan itu pula yang membuat oli semi sintetik lebih stabil dibanding mineral, range viskositasnya juga lebih lebar baik pada suhu rendah maupun suhu tinggi. Selain itu kadar penguapannya juga lebih rendah sehingga lebih ekonomis dan efisien. 

 

Oli Full Sintetik

jenis oli motor full sintetis

Oli sintetik pertama kali dikembangkan oleh Dr. Hermann Zorn dan Dr. WA Zisman di Amerika Serikat pada abad ke-20. Pada dasarnya, oli jenis ini merupakan pelumas artifisial, yang diproses menggunakan formula terbaru. Oli sintetik biasanya terdiri atas poly-alpha-olefin yang merupakan hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Oleh karena itu, jenis oli sintetik bebas kandungan karbon reaktif yang dapat menghasilkan acid atau asam.

Sintetik base oil ini didapat dari hasil proses kimia sehingga menghasilkan base oil yang bebas dari sulfur, oksigen, logam-logam berat dan lain-lain. Oli full sintetik ini keunggulan tidak mudah menguap, pelumasan lebih merata.

Suhu mesin lebih terjaga dengan oli tipe ini, sehingga cocok untuk motor tipe sport. Kemudian daya lumas lebih bagus karena bentuk partikel yang cenderung sama sehingga lebih kuat terhadap gesekan, juga membuat suara mesin lebih halus. 

 

Ungkap Mitos Oli Encer Bagus Untuk Mesin, Fakta Berbicara!

 

Oli Full Sintetik Ester

Ini pas diperuntukan untuk kebutuhan balap, dimana mesin selalu bermain pada rpm tinggi dan membutuhkan suhu yang stabil. Oli full sintetik ester ini termasuk dalam base Oil dengan tingkat tertinggi saat ini. Adanya kandungan ester, tingkat keausan bisa lebih minimal hingga 0%. Fungsi kandungan ester ini mampu melindungi mesin pada putaran tinggi, sebab oli ini dapat menjaga suhu mesin lebih stabil. Bahkan, semakin lama dia bekerja justru output power mesin akan semakin membaik.

Youtube Belipart