Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
macam penyakit bikers yang mungkin akan dialami
Umum

8 Penyakit Bikers, Efek Samping Dari Yang Suka Motoran

Motor sudah menjadi transportasi favorit hampir di seluruh penjuru negeri, karena bisa sampai di tujuan dalam waktu lebih cepat. Sayangnya, banyak bikers yang nggak tahu kalau keseringan memakai motor juga ada efek sampingnya. Misalnya beberapa penyakit yang bisa dialami bikers. Seperti yang sudah dirangkum di bawah ini.

 

1. Tangan Kapalan

 

Penyakit nomor satu yang paling sering terjadi pada pengendara motor adalah kapalan. Kapalan sering dikenal dengan istilah callus. Kapalan bisa biasanya muncul karena tekanan dan gesekan berlebih pada kulit. Khusus buat bikers, kapalan biasanya muncul di bagian telapak tangan. Hal ini karena kulit telapak tangan kanan digunakan untuk menyetir, ngegas, dan menahan bobot badan. Kulit telapak tangan akan sering bergesekan dan tertekan oleh stang motor.

Kapalan ini biasanya ditandai dengan perubahan kulit menjadi tebal, kuning, dan kasar kalau diraba. Kadang tangan yang ada kapalannya bakal terasa nggak nyaman dan kadang bikin nyeri esok hari. Jadi, Sobat Bikers yang sering motoran, kapalan pun juga akan cepat muncul di telapak tangan.

 

2. Bell’s Palsy Mengancam Bikers

penyakit bikers bells palsy

Pertama ada penyakit dengan nama Bell’s Palsy. Penyakit ini menyerang otot saraf wajah dan gejalanya mirip dengan gejala stroke ringan, mulai dari muka terasa kebas, hingga otot wajah nggak bisa dikendalikan. Penyebabnya adalah angin dingin, yang terlalu sering dan intens menerpa wajah. Yang mana, hal itu bikin otot saraf mengkerut dan menghimpit otot muka. Solusi untuk pencegahan hal tersebut mudah kok, dengan memanfaatkan visor helm untuk melindungi muka.

 

3. Tinnitus, Penyakit Yang Bisa Dialami Bikers

Kemudian ada penyakit Tinnitus, yakni muncul bunyi mendengung pada telinga. Semakin sepi suasana, maka dengungan akan makin mengganggu. Munculnya penyakit tersebut biasanya akibat terlalu sering mendengar kebisingan. Cara penyembuhannya, dengarkan nada khusus yang dikenal dengan nama White Noise. Lakukan hal tersebut saat kalian sedang bersantai. Sebagai tindakan preventif, sebaiknya kalian gunakan helm yang mempunyai peredam suara pada bagian cheekpad yang bagus.

 

4. Gangguan Paru-paru

masker motor

Sebagai Bikers sejatinya sangat mudah terpapar polusi udara di jalan raya, debu, sinar matahari, dan polusi lainnya. Bikers yang sering piknik touring bakal sering menghirup zat polusi ini. Udara luar atau jalan mengandung SO2, NO2, dan CO2 yang sangat berbahaya bagi paru-paru. Penghirupan dari zat tersebut bisa bikin kepala jadi pusing, mual, dan muntah.

Dalam waktu yang panjang, zat polusi berbahaya lama-kelamaan bakal berubah menjadi karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker. Penggunaan masker pun sepertinya nggak begitu berpengaruh, karena polusi udara biasanya berukuran sangat kecil dan bisa menembus masker yang sering digunakan pengguna motor. Tapi setidaknya bakal mengurangi debu yang ikut terhirup, cuy.

 

5. Jerawatan

Kita biasanya sangat jarang menutup wajah, apalagi alasannya karena jarak tempuh yang dekat. Debu, polusi, dan kotoran biasanya akan menempel ke wajah. Jika kotoran ini dibiarkan dan nggak dibersihkan setelah menempuh perjalanan jauh, maka wajah akan sangat berminyak dan jerawat pun bisa tumbuh di kulit yang kotor dan berminyak. Biasakan rutin mencuci wajah, minimal dengan sabun. Kalau perlu pakai skincare biar wajah jadi glowing.

 

6. Penyakit Langganan Bikers, Wasir

penyakit wasir sering dialami bikers

Penyakit yang juga harus diwaspadai adalah wasir, atau dalam dunia kedokteran disebut hemoroid. Hemoroid muncul akibat pelebaran dan peradangan pembuluh darah balik (vena) di anus atau rektum, karena terlalu lama duduk saat berkendara motor. Bikers yang jarang minum air putih, biasanya yang sering menderita penyakit ini. Usahakan sering beristirahat dan mengubah riding position yang benar.

 

7. Nyeri Punggung

Pehobi touring sangat rentan menderita nyeri punggung kronis. Pada umumnya, bagian punggung nggak bisa bergerak bebas saat riding, akibatnya otot-otot penyangga tulang belakang kelelahan dan nyeri punggung pun terjadi. Untuk mencegah nyeri punggung sebenarnya cukup mudah, yaitu jika punggung terasa pegal saat riding, coba untuk beristirahat sambil senam kecil dan perbanyak minum air putih.

 

8. Penyakit Mata Pada Bikers

sakit mata biasa dialami pemotor

Penyakit terakhir, selain penyakit yang sering dialami bikers laki-laki, mata keranjang. Ada juga loh, penyakit paling dasar yang disebabkan oleh kotoran yakni iritasi mata. Keluhan yang juga umum diutarakan oleh pengendara motor. Ini akibat paparan angin, asap, serta polusi yang mengenai mata saat berkendara.Umumnya, mereka yang mengenakan helm tanpa kaca berpotensi menderita penyakit ini dan obatnya adalah dengan obat tetes mata yang cukup menyegarkan.

Youtube Belipart