Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
alasan dibuatnya peraturan wajib menyalakan lampu siang hari
Edukasi

Alasan Kenapa Kalian Wajib Menyalakan Lampu Siang Hari

Memang, menyalakan lampu motor di siang hari bagi beberapa orang cukup aneh. Sebab, sinar matahari sudah sangat terang dan membantu pengendara dalam mengendarai sepeda motornya. Tetapi, menyalakan lampu utama motor  di waktu siang menjadi kewajiban bagi pengendara motor. Penggunaan lampu utama sudah diatur dalam pasal 107 UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Nah kebanyakan dari kalian pasti sampai saat ini masih bertanya-tanya. Apa sih sebenarnya fungsi atau alasan kalian harus menyalakan lampu utama di siang hari

 

Peraturan Soal Menyalakan Lampu Siang Hari

Untuk informasi, Bunyi pasal di atas adalah (1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang digunakan di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu. (2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Menurut penjelasan Pasal 107 ayat (1) UU LLAJ, yang dimaksud dengan “kondisi tertentu” adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan, dan kabut. Jika pada tengah hari tersebut cuaca gelap, hujan lebat, saat menyusuri terowongan, atau berkabut, barulah setiap kendaraan wajib menyalakan lampu. Tapi kenyataan di lapangan, hal tersebut wajib dilakukan di segala kondisi.

Dari bunyi pasal di atas bisa diketahui jika ternyata nggak semua jenis kendaraan wajib menyalakan lampu kendaraannya di siang bolong. Pemotor saja yang wajib. Lah kok bisa?

 

Alasan Keselamatan?

Nyalakan lampu utama di waktu siang rupanya bisa mengurangi potensi kecelakaan nggak cuma pada kondisi yang buruk. Hasil survei mengungkap adanya sumber cahaya dari arah berlawanan, maka pupil mata akan tertarik (mengikuti atau tertuju ke arah cahaya). Efeknya, pengendara lainnya lebih waspada. Peraturan ini ternyata di”wajib”kan  karena untuk keselamatan berkendara.

Dengan adanya penerapan tersebut, angka kecelakaan bisa ditekan hingga lebih dari 20% hanya dalam jangka waktu dua bulan. Seperti di Surabaya dulu, pada 2005, program ini berhasil mencatat penurunan angka kecelakaan sepeda motor hingga 50%.

Hasil persentase tersebut kiranya cukup membuktikan tingkat efektifitas DRL untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Inilah yang sebenarnya menjadi alasan kenapa kalian wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Youtube Belipart