Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
balap-motor-berbahaya-sedunia
Umum

Balap Motor Di Trek Paling Berbahaya Sedunia, Berani Gaspol Disini Gak?

Pertandingan balap motor sport “The International Isle of Man TT Race” atau Isle Of Man Tourist Trophy merupakan ajang balap tahunan paling ekstrim dan paling gila yang ada hingga saat ini. Balap motor di Isle Of Man pertama kali diselenggarakan sejak tahun 1907 oleh Uni Auto-Cycle (ACU) (sebelumnya Auto-Cycle Club). Dan sejak tahun 2008 hingga saat ini organisasi balap motor sport Isle of Man TT dikomando oleh ACU Events, Ltd. yang merupakan anak perusahaan dari ACU.

Ajang balap ini biasanya berlangsung pada akhir Mei dan awal Juni setiap tahun. Balapan Motor ini hanya berlangsung beberapa hari dari selang waktu selama dua minggu, terdiri dari satu minggu untuk latihan dan satu minggu untuk balapan.

 

Balap Motor Sekelas MotoGP di Isle Of Man?

Balap motor paling legendaris ini merupakan acara internasional di pulau ini yang dikenal sebagai “The TT” yang sebenarnya akronim dari Tourist Trophy dimulai pertama kali pada tahun 1907. Rupanya, Isle Of Man TT pernah menjadi bagian dari Kejuaraan balap MotoGP selama 27 tahun di periode 1949-1976. 

Sayang, gelaran balap harus berhenti dengan alasan bahwa trek di Isle Of Man ini dianggap memiliki masalah keamanan. Dan melaksanakan balap GP disini dianggap sebagai kejuaraan balap motor sport paling berbahaya yang pernah diselenggarakan. Hal ini disebabkan karena telah terjadi lebih dari 246 korban jiwa dalam sejarahnya.

 

Ajang Balap “Jalanan” Paling Berbahaya

balap motor isle of man tt
Bukan editan! Kedua ban nggak napak aspal “Motor Terbang”

Gimana nggak ekstrem sobat, balapan ini diselenggarakan di sirkuit yang notabene sirkuitnya merupakan daerah pegunungan yang jalannya saja belum tentu rata alias ada gelombang vertikalnya, tentunya juga penuh dengan jurang pula di sisinya, ditambah lagi sirkuit ini melewati daerah pemukiman warga sekitar sana sehingga artinya sekali buat kesalahan bisa sangat fatal akibatnya.

Benar-benar sangat berbahaya, menantang, adrenalin tingkat tinggi karena pembalap memacu kendaraan hingga mendekati kecepatan puncak 321 km/jam (200mph). Bayangin sob, geber Superbike loh! Hal ini pasti membutuhkan tingkat konsentrasi yang luar biasa ditambah keterampilan dan keberanian.

Balapan ekstrim ini sendiri menarik pesaing dan penonton dari seluruh dunia sehingga penyelenggaraan balap tahunan ini selalu ramai. Dan hal itu pula yang membuat kontribusi besar terhadap perekonomian penduduk sekitar dan telah menjadi bagian dari identitas Manx.

 

Baca juga : Pebalap Indonesia, Afridza Munandar Meninggal Saat Race di Sepang

 

Ini adalah sirkuit jalanan balap motor tertua yang masih digunakan dengan jarak tempuh sekitar 37.73 miles atau 60,73 km (37,733 mil) di jalur trek Gunung Snaefell yang terdiri dari sejumlah jalanan umum sehingga ditutup ketika balapan berlangsung.

Torehan rekor lap yang tercatat secara resmi adalah 16 menit 53,929 detik dengan kecepatan rata-rata 215,591 km/jam (133,962 mph). Pencetak rekor dunia Isle Of Man ini adalah Michael Dunlop ditahun 2016 dengan menggunakan mesin BMW S 1000 RR.

Youtube Belipart