Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ban terbaik untuk musim hujan
Tips & Trik

Ban Terbaik Saat Musim Hujan, Hindari Resiko Tergelincir

Di tengah cuaca yang nggak menentu kayak gini, Sobat Bikers harus selalu siap dengan perubahan cuaca tiba-tiba. Bentar panas terik tau-tau mendung gelap hujan deras. Kondisi saat hujan deras bisa jadi pemicu bermacam malapetaka kalo motor sobat jarang diperhatikan. Kebiasaan seperti ini bikin motor selalu tidak dalam kondisi yang prima, terutama kondisi ketika hujan. Salah satunya ban yang juga termasuk aspek penting untuk menjaga kendaraan tetap mencengkram aspal dengan baik. Ban terbaik saat musim hujan mempunyai karakteristik tersendiri, lalu ban seperti apa yang tepat digunakan di kondisi hujan?

Pemilihan ban yang cocok untuk musim hujan sebaiknya perhatikan spesifikasi dasar, mulai dari komponen ketebalan, lalu diikuti dengan tekanan angin, pola alur, pola ukiran, profil, hingga jenis ban. 

 

Alur Ban Faktor Penting Saat Musim Hujan

jenis ban hujan

Contoh pertama, pastikan kalo alur ban motor kalian nggak botak, sob. Sebab tingkat ketebalan ban sangat berpengaruh untuk mendapatkan traksi maksimal pada aspal. Saat menerjang genangan air, tebalnya alur ban membuat genangan air lebih mudah dipecah, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya aquaplanning atau hydroplanning. Moment saat ban mendapat gaya angkat dan mengambang di permukaan air yang bikin ban sama sekali nggak menempel aspal, itulah aqua planning. Pola atau alur ban yang baik untuk musim hujan seperti ini adalah yang memiliki arah alur yang menyamping lebih banyak. Alur ban ini berfungsi membelokkan aliran air saat ban melewati genangan agar terhindar dari aquaplanning. 

Baca juga : Penyebab Ban Tubeless Bocor Melulu, Ini Masalahnya

Ukuran Ban Ideal

Ukuran dan dimensi ban mempengaruhi besaran area kontak ban terhadap aspal. Ban berukuran kecil, bisa bikin motor lebih mudah tergelincir karena tapak ban nggak mampu mengatasi momentum ketika melakukan pengereman. Terlalu besar pun nggak bagus karena bobot ban akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Efek ban gambot seperti ini pernah dibahas juga pada artikel sebelumnya, klik disini. Lebih baik gunakan ukuran sesuai ban standar pabrikan atau maksimal dua tingkat lebih besar atau kecil. Namun, Sobat Bikers bisa saja pakai merek ban lain seperti Maxxis, FDR, Michellin, dsb. Nah dengan pemilihan ban yang seperti ini, berkendara aman nggak cuma di musim hujan tapi juga di musim kemarau.

Youtube Belipart