Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
beda ban tubeless dan ban biasa tube type
Komparasi

Ban Tubeless dan Tube Type, Beda Karakter Meski Bentuk Sama

Ban merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang harus selalu diperhatikan keadaannya. Karena jika ban motormu nggak sehat, kenyamanan perjalananmu juga akan terganggu. Karena kondisi ban pada sebuah motor akan menentukan handling optimal. Tanpa adanya ban, mesin 1000cc pun nggak akan berguna tentunya. Kecuali kalian jalan di atas rel kayak kereta. Dan sebagai part penunjang, tentu saja ban punya berbagai jenis dan macam penggunaannya. Ada ban Tubeless dan Tube type (dengan ban dalam). Meski kedua jenis ban sering digunakan dan umum di pasaran. Namun, kedua jenis ban ini memiliki perbedaan dari karakteristiknya, seperti berikut :

 

1. Bentuk Ban Tubeless dan Tube Type

Jenis ban tube atau ban biasa memiliki bentuk yang hampir seperti persegi (mengotak). Sedangkan ban tubeless memiliki bentuk yang lebih membulat. Perbedaan bentuk ini bisa dijadikan pertimbangan dalam menggunakannya yang disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Sebab pada umumnya, ban dengan bentuk lebih bulat punya grip lebih konsisten saat motor “merebah”.

2. Material Ban 

konstruksi ban tubeless

Material dasar kedua jenis ban tersebut memiliki bahan yang sama yaitu sama-sama terbuat dari bahan karet buatan atau sintetis. Hal yang membedakan hanya berada pada lapisan dalam ban. Pada ban tubeless, terdapat lapisan dalam yang berfungsi seperti fluid sealant (anti bocor). Yang mana lapisan ini meski tertembus paku, angin nggak bakal cepat habis, ban lebih lama untuk kempes. Sedangkan pada ban biasa, lapisan ini diganti dengan lapisan yang bernama ban dalam. 

3. Karakter dan Harga Ban 

Dari segi karakter, ban tubeless lebih kuat dan kokoh dalam berbagai kondisi jalan, strukturnya pun lebih keras. Sedangkan ban biasa, memiliki performa yang cukup baik dalam meredam getaran di jalan. Jika dilihat dari segi harga, ban biasa otomatis lebih murah dibandingkan dengan ban tubeless. 

Ban Dalam Motor Palsu, Kenali Cirinya Sebelum Membeli

 

4. Ketahanan Ban Tubeless 

cek tekanan angin pada ban motor

Ketahanan kedua jenis ban ini juga sangat berbeda. Ban tubeless bisa bertahan setidaknya sampai 2 tahun selama ban nggak pernah bocor dan pemakaian wajar. Tahan akan kebocoran yang dimiliki ban tube-less di dapat dari komponen lapisan dalam ban yaitu fluid sealant tadi. Sedangkan ban biasa memiliki tingkat kebocoran yang relatif besar sehingga mempercepat proses pergantian ban

Perbedaan-perbedaan tersebut bisa dijadikan pertimbangan dalam memilihnya untuk kendaraan kamu. Pemilihan penggunaan tentunya didasarkan pada kebutuhan berkendara mulai dari jenis medan hingga jenis kendaraan yang digunakan. 

Kelebihan Ban Tubeless 

– Tahan Bocor Lebih Lama 

– Praktis Tanpa Ban Dalam 

– Lebih Nyaman Saat Menikung 

– Lebih Awet 

– Aman Saat Hujan 

Kelebihan Ban Biasa (Tube type)

– Lebih murah 

– Memiliki pegangan yang lebih baik 

– Terhindar dari masalah kehilangan tekanan udara 

– Nggak mudah panas 

– Kebocoran ban mudah diperbaiki hampir di setiap bagian ban

Youtube Belipart