Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
berkendara aman saat puasa
Tips & Trik

Berkendara Aman Anti Loyo Meski Sedang Puasa!

Bulan puasa tinggal beberapa hari, selain lapar dan dahaga, kegiatan tentu nggak boleh kendor terutama ibadah harus lebih ditingkatkan lagi. Aktifitas yang tadinya biasa-biasa saja menjadi luar biasa melelahkan ketika bulan puasa seperti riding. Entah itu berkendara ketika berangkat maupun pulang kerja, atau memang bekerja yang diharuskan mengendarai motor seperti ojek online. Ada beberapa tips untuk meminimalkan resiko dan mengoptimalkan aktifitas terutama riding selama bulan Ramadhan ini, simak tips Berkendara Aman Meski Saat Bulan Puasa dibawah ini!

 

Manajemen Waktu Berkendara

Yang biasa berangkat kerja terkena macet, cobalah berangkat atau melakukan perjalanan sekitar 15-30 menit lebih awal. Dilain sisi kemungkinan terkena macet bisa diminimalisir, berangkat lebih awal tentu saja ada keuntungan lain. Misalnya, kalian setiap hari berangkat pukul 7 pagi, lalu membiasakan berangkat 30 menit lebih awal, maka sengatan sinar matahari juga nggak terlalu panas.

Begitupun saat pulang kerja, opsi pertama, kalian bisa pulang lebih awal agar terhindar macet dan bisa berbuka puasa bersama keluarga dirumah. Atau kalian bisa menggunakan opsi kedua, pulang setelah jam berbuka puasa, kemungkinan besar traffic akan lebih lengang dengan jalanan yang sedikit lebih sepi. Nah, nilai plusnya kalian juga gak bakalan panas-panasan terpapar sinar matahari.

 

Gunakan Riding Gear Yang Nyaman

riding gear

Pakailah jaket yang memiliki sirkulasi udara yang lancar alias breathable agar tubuh nggak gampang berkeringat. Makin banyak keringat yang keluar, maka kalian bakal lebih cepat untuk dehidrasi. Jaket kulit yang nggak punya banyak ventilasi sebaiknya dihindari, sebab hal ini  cenderung bikin badan terasa gerah. Ketika riding juga sebisa mungkin bagian belakang leher ini tertutup sehingga nggak terpapar panas dari sinar matahari.

Apabila tetap saja kepanasan, opsi pertama, cobalah berhenti menepi sejenak dan berteduh sampai suhu badan kembali normal. Kemudian ada opsi kedua, kalian bisa mencari masjid atau musholah terdekat kemudian mengambil air wudhu dan melakukan ibadah sunnah. Jangan paksakan tubuh kalian menerjang teriknya matahari, tubuh yang terlalu banyak mengeluarkan keringat akan lebih cepat dehidrasi dan kemudian kehilangan fokus dijalan raya.

 

Perhatikan Etika Berkendara Biar Makin Aman

Menjaga etika saat berkendara merupakan hal yang sangat penting, terutama ketika terjebak kemacetan. Hal ini dapat membantu kalian untuk menghemat sisa-sisa energi selama diperjalanan. Etika aman berkendara juga dapat menjauhkan diri dari nafsu ugal-ugalan dijalan yang mana dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

 

Jangan Terburu-buru

tertib dijalan raya

Saat jam pulang kantor dan mendekati waktu berbuka, banyak pengendara terburu-buru untuk sampai rumah. Tantangan di jalan pun semakin beragam. Mulai dari ramainya pedagang di pinggir jalan sehingga timbul kemacetan, sampai dengan konsentrasi pengendara lain yang juga berkurang karena puasa.

Udah sepatutnya, sebagai pengendara yang baik harus lebih berhati-hati dan sebisa mungkin tidak membahayakan orang lain. Atur kecepatan motor sesuai kondisi jalan. Bila bertemu kemacetan berkendaralah perlahan, buat posisi riding paling nyaman namun aman. Sabar adalah kuncinya agar kalian dapat berkendara dengan rileks.

Youtube Belipart