Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
tips bodi motor kusam kembali seperti baru
Tips & Trik

10 Cara Bikin Bodi Motor Kusam Mengkilap Seperti Baru Lagi

Ingin body alias bodi motor kalian mengkilap seperti baru lagi tapi khawatir soal budget? Memang kalau hasilnya lebih maksimal, kebanyakan orang bakal gunakan jasa salon motor. Ya meskipun terkadang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tapi tau nggak sih, bisa kok kalian mengkilapkan bodi motor kusam sering hujan dan kepanasan balik seperti baru lagi dengan budget yang murah. Penasaran nggak? Kalo nggak yaudah! Ehh tapi jangan doongg, kalian kan bisa bagikan tips ini ke teman-teman kalian yang belum tau, kan gitu. Nah, tips selengkapnya kita mulai dari paragraf di bawah ini.

 

1. Detergen Bikin Cat Bodi Motor Baru Jadi Kusam

shampoo cuci steam motor

Dikalangan masyarakat banyak yang menganggap mencuci menggunakan detergen bisa membersihkan kotoran lebih mudah pada bodi motor. Terlebih saat musim hujan kayak gini, sob. Sebaiknya hindari penggunaan detergen karena bisa memudarkan warna cat motor.

 

Kalau kalian ingin mencuci motor, sebaiknya gunakan sampo motor yang memang digunakan untuk mencuci motor. Hindari membeli shampo motor yang memiliki kandungan bahan seperti Hcl (acid hidrochloride), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida) karena berbahaya dan bisa mengikis lapisan cat motor kalian.

 

2. Hindari Sinar Matahari Terlalu Lama

Sering terpapar dari sinar matahari secara langsung berdampak buruk pada bodi motor kalian. Biasanya hal ini bisa terjadi pada saat memarkirkan motor. Jika terlalu lama terkena langsung sinar matahari yang mengandung ultraviolet akan merusak lapisan cat motornya. Maka hindari memarkirkan motor yang terkena langsung sinar matahari. Selain itu, temperatur matahari yang panas bisa bikin pernis cat motor jadi retak-retak, loh.

 

  1. Mencuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Segeralah mencuci motor setelah terkena air hujan minimal mengelap dengan air yang bersih. Karena sebetulnya air hujan mengandung asam nitrat. Terlebih buat kalian yang tinggal di daerah yang dekat laut kayak kantor Belipart ini, sob.

Dampak kalau jarang mencuci motor setelah terkena air hujan dapat menimbulkan karat atau korosi lebih cepat. Hal yang lain, dapat merusak lapisan pada kilap cat motor. Oiya kalian juga nggak boleh langsung dilap setelah terkena air hujan, karena debu-debu yang menempel malah bikin bodi motor jadi lecet. Mending dibilas dulu pakai air bersih baru dilap.

 

  1. Kompon Bikin Kilap Cat Bodi Motor Kayak Baru

poles motor dengan kompon bikin cat bodi motor seperti baru lagi

Kompon dapat menghilangkan goresan halus, bentuknya seperti gel atau pasta. Cairan poles biasanya ditemukan di toko bangunan atau cat dengan harga yang murah. Untuk menghilangkan baret halus ini, kalian harus menggosok body motor dengan kompon beberapa kali. Caranya juga gampang, cukup mengoleskan sedikit kompon di bodi motor.

Gunakan kain yang lembut untuk menggosoknya dengan cara memutar. Setelah goresannya hilang, gunakan cairan poles sebagai cara mengkilapkan seluruh bagian motor.

Catatan : Hindari penggunaan kompon terlalu banyak agar cat nggak mengelupas.

 

  1. Pakai Beeswax

Beeswax bukan hanya digunakan sebagai produk kecantikan saja, namun bisa digunakan untuk mengkilapkan motor dan hasilnya juga cukup apik. Beberapa produk perawatan bodi motor yang beredar dipasaran mengandung besswax, maka kalian nggak perlu khawatir beli beeswax dalam bentuk asli.

 

  1. Minyak Goreng Bisa Mengkilapkan Body Motor?

Minyak goreng nggak cuma dipakai untuk memasak tapi bisa digunakan untuk mengkilapkan bodi motor, sob. Nah, kalian baru boleh gunakan minyak goreng ini setelah mencuci motor. Sebab bakal nggak ada faedahnya jika minyak goreng terkena air.

Untuk caranya, kalian siapkan kain kering dan bersih dan tentu saja lembut sebagai media. Tuang sedikit saja minyak pada kain, lalu oleskan pada bagian-bagian yang kusam. Terutama body motor bermotif kulit jeruk.

Catatan : Gunakan minyak goreng yang baru bukan bekas pakai.

 

  1. Rutin Mencuci Motor

Jangan malas mencuci motor kalian sob, sebab ini bisa menimbulkan kotoran atau debu yang menumpuk pada permukaan cat yang mana ini bisa bikin bodi motor terlihat kusam.

Buatlah jadwal untuk mencuci motor, usahakan secara rutin dalam waktu 1-2 kali seminggu.

 

  1. Keringkan Motor setelah Dicuci

keringkan bodi motor baru

Keringkan motor setelah dicuci dan usahakan dalam keadaan benar-benar kering. Jangan sampai ada air yang tersisa setelah mencuci motor yang mengendap di bodi motor, karena jika dibiarkan akan mengakibatkan bercak air dan dapat memudarkan warna motor.

 

  1. Wrapping Skotlet Full Bodi Motor

Menggunakan skotlet alias stiker transparan bisa dengan efektif melindungi bodi motor dari goresan dan dari terik matahari. Skotlet ini juga bisa dipakai agar body motor lebih kinclong dan sedap dipandang. Tapi sayangnya hal ini membutuhkan kocek yang lumayan. Biasanya wrapping sticker full dihargai sekitar 300rb hingga 500rb tergantung motor.

 

  1. Minyak Kayu Putih Pada Bodi Motor, Baru Tahu

Orang kaya nggak pernah tau kalo orang miskin kayak gue pakai minyak kayu putih untuk mengkilapkan cat motor. Ternyata cairan satu ini nggak bisa bikin anget motor kalian, tapi bisa membersihkan beberapa noda membandel dan bikin motor jadi klimis. Pastinya, bodi motor bisa terlihat seperti baru.

Caranya juga mudah, pertama cuci seperti biasa lalu lap sampai benar-benar kering. Lalu oleskan dengan minyak kayu putih secukupnya gunakan dengan kain yang bersih dan halus. Gosok secara perlahan biar nggak lecet akibat gesekan kain. Lalu sobat boleh lihat perbedaan body motor sebelum dan sesudah diberi minyak kayu putih.

Itulah 10 cara mengkilapkan bodi motor biar tampak seperti baru lagi, sob. Gampang, kan? Pastinya cara di atas aman dan mudah ya. Selamat mencoba sob!

Youtube Belipart