Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
cat semprot aerosol atau pilox lebih murat dan praktis dalam pemakaian
Modifikasi

Cat Bodi Motor Sendiri Pakai “Pilox”, Murah dan Praktis Tinggal Semprot!

Dalam hati sebenarnya pengen banget ngecat bodi motor, tapi nggak punya banyak budget adalah kendalanya. Disisi lain, peralatan pun juga kurang mendukung. Maka cat semprot atau orang nyebutnya ‘pilox’ (nama brand) menjadi pilihan yang dirasa paling tepat untuk memecah kebuntuan. Selain harganya yang murah, cat semprot juga cukup mudah dalam pengaplikasiannya. Kalian cuma menekan nozel dan mengarahkannya pada permukaan yang akan di warnai. Tapi apa benar lebih murah dan lebih praktis? Kita bahas setelah ini ya!

 

Cat Semprot Beneran Murah?

Nah, untuk harganya sendiri, cat semprot dijual sekitar 15 – 45 ribu per kaleng (isi kurang lebih 300cc). Harga ini diambil dari marketplace dengan sorting harga termurah. Dan patokan harga tersebut nggak baku ya, sebab belum termasuk ongkir. Murah ya, kalau harganya cuma segitu. Tapi apakah cat untuk seluruh bodi cuma butuh sekaleng? Ohh tidak semudah itu fergusso. Rata-rata, cat yang diperlukan untuk mengcover seluruh bodi sekitar 6 – 10 kaleng yang masing-masing 300cc. Tergantung dari luas permukaan yang hendak diwarnai dan seberapa banyak layer atau lapisan yang kalian inginkan.

cat semprot pilox warna bunglon
Pilihan warna cat semprot makin beragam

Yang terpenting, kalian harus membeli 3 jenis cat semprot diantara epoxy, base coat, layer coat dan clear coat. Kalau dijumlah, total uang yang kalian harus keluarkan berkisar 200 ribuan, bisa kurang bisa lebih. Dengan rincian sebagai berikut ;

2 kaleng epoxy = 70 ribu, untuk 1 – 2 lapis pengecatan

3 kaleng layer coat (cat warna yang kalian inginkan) = 90 ribu, bisa untuk 2 – 3 lapis cat seluruh bodi

2 kaleng pernis atau clear coat = 80 ribu, 2 lapis finishing

 

10 Cara Bikin Bodi Motor Kusam Mengkilap Seperti Baru Lagi

 

Dengan harga segitu, bisa disimpulkan cat semprot atau aerosol memang cukup murah dan praktis. Jika dibandingkan dengan cat konvensional (dengan kompresor). Terlebih kalau kalian belum punya kompresor dan spray gun yang mumpuni. Harga kompresor terbilang lumayan mahal kalau untuk sebatas pemakaian pribadi, termurah bisa kalian dapatkan seharga 600 ribu keatas. Ditambah spray gun, yang paling murah kisaran 200 ribuan, itu pun kualitasnya juga nggak begitu jauh berbeda dengan cat semprot ‘pilox’. Hanya saja pengecatan yang dilakukan dengan sprayer bisa lebih leluasa dengan setting ketebalan, kecepatan dan bias tiap semprotan.

 

Dari Segi Bahan Cat

Persiapan bahan sebelum pengecatan, cat semprot termasuk sangat praktis. Kayak indomie, tinggal rebus aja nggak perlu beli bahan cat terpisah. Nggak kayak cat kompresor, butuh ‘ramuan’ yang harus dibeli terpisah. Kalian harus sediakan tinner untuk mengencerkan cat dan membilas tabung sprayer. Setidaknya, untuk mengecat satu set bodi butuh 1 liter pengencer atau tinner dengan kualitas spesial.

persiapan bahan cat bodi motor, tinner, cat dan pernis

Dan sudah pasti kalian butuh catnya itu sendiri. Enaknya cat metode ini, kalian bisa mix beberapa warna cat atau pun ‘oplos’ dari toko cat duco. Sehingga, warna yang kalian dapatkan nantinya bisa lebih unik dengan tambahan efek xyralic atau glitter. Dan memang harga catnya sendiri (ukuran 200cc) lebih murah mulai 20 ribuan untuk satu jenis warna, harga untuk oplosan cat bisa bermacam-macam tergantung dari banyaknya komposisi warna dan efek. Volume 200cc cat setidaknya akan cukup untuk mengecat seluruh bodi dengan lapisan yang tebal.

 

Detailing Bodi Motor Sendiri Hasilnya Nggak Kalah Kinclong

Youtube Belipart