Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
ciri-ciri shockbreaker motor bocor
Edukasi

4 Ciri-ciri Shockbreaker Motor Bocor, Kalian Harus Tau!

Shockbreaker atau peredam kejut memiliki peran penting dalam sebuah kendaraan. Fungsi utamanya yaitu meredam benturan saat kendaraan menghantam lubang dan jalan permukaan yang nggak rata. Karena memiliki peran yang sangat penting, nggak ada salahnya jika kamu mengetahui ciri-ciri shockbreaker yang bocor. Sebab, jika kondisi tersebut kamu alami, berkendara nggak bakal nyaman. Untuk itu kamu perlu mengetahui gejala-gejala atau ciri-ciri shockbreaker yang bermasalah. Seperti yang sering terjadi pada sokbreker adalah bocornya oli shock atau yang biasa disebut shockbreaker bocor. 

 

Ciri-ciri Shockbreaker Motor Bocor

Jika hal ini terjadi, maka kinerja sokbreker nggak akan bisa maksimal untuk meredam getaran. Dampaknya, handling jadi nggak stabil hingga stang rasanya seperti terbanting. Hal ini sangat berbahaya, terlebih saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Ciri-ciri shockbreaker sudah mengalami bocor :

  1. Biasanya terdengar bunyi berdecit ketika motor melaju pada jalanan bergelombang. Suara seperti ini bakal makin keras terdengar ketika motor dinaiki berdua. 
  2. Terlihat rembesan oli di bagian as shock.
  3. Bantingan shock jauh lebih empuk dari semula.
  4. Shock bakal mantul-mantul saat ada goncangan.

 

Penyebab Sokbreaker Alami Kebocoran

Penyebab terjadinya kebocoran oli shock ini disebabkan karena seal shockbreaker yang rusak. Rusak ini bisa saja karena seal-nya itu sobek atau retak sehingga oli shock bisa merembes keluar. Ditambah lagi, seal yang sobek juga malah bikin kotoran makin mudah masuk. Sehingga kotoran malah akan memperburuk kondisi sokbreakernya, sebab kotoran ini dapat menggores dinding tabung shocknya.

Kalau komponen suspensi ini hanya mengalami masalah pada seal-nya, maka kamu bisa hanya mengganti sealnya saja dan tentunya juga sekalian ganti oli shocknya untuk mengantisipasi oli shock yang kotor atau kuantitas yang telah berkurang. Biasanya yang bisa diperbaiki adalah sokbreker untuk bagian roda depan, tapi nggak menutup kemungkinan suspensi belakang juga bisa. Tapi ingat, saat kamu melakukan pengisian cairan sokbreaker perhatikan kuantitasnya. Sesuaikan takaran oli yang kamu isikan dengan spesifikasinya dengan bantuan gelas ukur. Shockbreaker kanan dan kiri harus diisi oli dengan jumlah yang sama.

takaran oli shock harus seimbang
Takaran oli shock harus seimbang antara kiri dan kanan

 

Setel Celah Klep Serta Khasiatnya Buat Mesin Motor Harian

 

Solusi Shockbreaker Bocor

Bila shockbreakernya hanya mengalami masalah pada sealnya, maka kalian bisa hanya mengganti sealnya saja dan tentunya juga sekalian ganti oli shocknya untuk mengantisipasi oli shock yang kotor atau kuantitas yang telah berkurang.

Biasanya yang bisa diperbaiki ialah shockbreaker untuk bagian roda depan. Saat kalian melakukan pengisian oli shock perhatikan kuantitasnya. Sesuaikan jumlah oli shock yang kalian isikan dengan spesifikasinya. Kalian dapat mengukur jumlah oli shock yang akan diisi dengan menggunakan gelas ukur. Shockbreaker kanan dan kiri harus diisi oli dengan jumlah yang sama.

Tetapi jika dinding tabung shocknya sudah mengalami goresan maka langkah yang paling tepat yang bisa kalian lakukan ialah dengan mengganti shock breaker dengan yang baru. Jika kalian paksakan dengan nggak mengganti maka kinerja shock nggak akan bekerja dengan maksimal.

 

Beli Sparepart Motor Online Makin Murah Lewat Tokopedia dan Shopee

Youtube Belipart