Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
honda-vario-125-ngempos
Edukasi

Honda Vario 125 Ngempos Tarikan Awal, Perhatikan Hal Ini!

Beberapa waktu lagi, ig story Belipart direspon banyak followers, salah satunya akun bernama @bagel.lan yang bertanya soal Honda Vario yang ngempos di awal tarikan. “Hallo MR. BIPI, saya punya Honda Vario tahun 2015, kenapa motor saya pas di tarikan awal terasa berat dan ngempos, tapi pas digas pol, gejala hampir mati itu hilang, dan motor normal.”

Hal ini cukup menarik jika dijadikan artikel, mengingat sudah beberapa kali ditemukan pertanyaan serupa terkait Honda Vario ngempos di tarikan awal. Tentunya kejadian seperti ini sangat mengganggu dan malah mengundang bahaya saat hendak menyalip kendaraan lain. Jika Sobat Bikers punya permasalahan yang sama, wajib nyimak penjelasan kenapa Honda Vario sering ngempos di akselerasi awal berikut ini!

 

Penyebab Honda Vario 125 Ngempos di Awal

Fuel Pump

Menurut keterangan yang dijelaskan oleh MISTER BIPI, Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa kemungkinan dan penyebab. Kalo disebutin satu per satu, mungkin tekanan pompa bensin sudah menurun atau di bawah tekanan standar, dimana tekanan standarnya untuk Vario 125 lama lansiran 2015 berada pada 294 Kpa sampai dengan 300 Kpa. Sedangkan untuk New Vario 125 FI (headlamp runcing) berada di kisaran 263 Kpa sampai dengan 316 Kpa. Kurangnya tekanan dari fuel pump menyebabkan suplai bahan bakar menuju injektor akan kurang maksimal, begitu pula debit semprotan yang jauh lebih sedikit dan lebih “kasar”. Udara akan lebih mudah untuk bercampur dengan BBM apabila semprotan partikel bensin lebih kecil dan halus.

busi motor mati

Busi

Atau penyebab lain bisa juga pada sistem pengapian seperti kondisi busi yang nggak normal. Busi yang bermasalah bisa karena masa baktinya sudah berakhir alias mati, atau bisa pula pemilihan tipe busi (panas/dingin) nggak sesuai spesifikasi mesin. Busi dengan kondisi seperti di atas, bisa bikin motor Vario sobat jadi lemot sebab bensin nggak terbakar sempurna. Otomatis akselerasi juga kurang responsif dan boros bensin.

Dan apabila kondisi busi baik-baik saja, coba untuk periksakan ke bengkel resmi Honda atau bengkel spesialis motor injeksi yang terpercaya. Pada bengkel seperti ini, akan sangat memungkinkan untuk dilakukan pengecekan menggunakan peralatan khusus.

 

Baca juga : Kenali Jenis Busi Motor Biar Nggak Pake Yang Asal Racing

Bahan Bakar

Satu lagi yang terakhir dan yang paling banyak disepelekan. Bahan bakar atau BBM atau Bensin yang memiliki beberapa standar oktan, merupakan syarat mutlak agar mesin bermotor bisa digunakan. Hanya saja, setiap mesin memiliki standar tertentu untuk “meminum” bahan bakar tertentu sesuai spesifikasi yang dimilikinya. Makin besar kompresi mesin, makin besar pula nilai oktan yang dibutuhkan. 

Sobat tinggal mengikuti anjuran pabrikan soal penggunaan jenis bahan bakar. Yang penting jangan asal isi Premium (RON 88) kalo rekomendasi pabrik menggunakan RON 92 alias Pertamax. Selain Honda Vario 125 sobat jadi ngempos, penggunaan BBM dibawah standar RON rekomendasi mengakibatkan mesin lebih cepat panas dan ngelitik.

Nah, sobat juga jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan di bengkel untuk diperiksa bagian filter udara, busi dan sebagainya. Dan asal kalian tau nih sob, filter udara yang kotor turut menyumbang permasalahan mesin yang ngempos.

Youtube Belipart