Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
komponen atau sparepart motor
Edukasi

Istilah Komponen Motor Yang Wajib Kalian Tahu, Bagian 1

Fender merupakan salah satu istilah dari komponen motor yang seharusnya ada pada sebuah sepeda motor di jalan raya. Namun terkadang satu jenis komponen atau sparepart motor ini punya banyak istilah yang berbeda. Dan biasanya masing-masing daerah menyebut benda ini dengan sebutan yang belum pernah Anda dengar. Atau bahkan ada juga yang nggak tau sama sekali nama komponen tersebut. Nah, kali ini Saya akan coba bantu sedikit mengartikan masing-masing istilah yang ada pada motor. Monggo disimak berikut ini!

 

Persamaan Istilah

Kaliper = Pala Babi

Piston = Seher = Torak

Ring Seher = Per Seher

Rantai Keteng = Kamrat

Pelatuk Kem = Temlar

Sentrifugal = Ganda

Cangklong Busi = Cop Busi

Laher = Klaher = Bearing

Spakbor = Slebor = Fender

Behel = Planger

 

Pengertian Istilah Komponen Motor

1. Paha Rem atau Lever Camshaft 

Paha rem merupakan komponen pada motor yang menempel pada tutup tromol belakang. Fungsinya sebagai tuas rem tromol belakang motor. Paha rem juga berfungsi menyetel kedalaman rem ketika diinjak.

2. Swing Arm atau Lengan Ayun

Nama lain swing arm adalah lengan ayun, beberapa orang juga menyebutnya supit udang. Swing arm berfungsi menahan velg belakang pada motor. Swing arm juga berfungsi sebagai tempat menempelnya shockbreaker motor. Karena berhubungan dengan suspensi pada motor, swing arm selalu bergerak mengayun oleh sebab itu dinamakan lengan ayun.

3. Fender atau Spakbor

Nama lain fender adalah spakbor, ada juga yang menyebutnya slebor. Seperti yang sampeyan ketahui, fungsi fender adalah menahan kotoran dan air biar nggak nyiprat ke komponen lain motor atau pengendara.

4. Nap Gir

Letak nap gear diantara velg belakang motor dan gear rantai. Fungsi nap gear adalah tempat menempelnya gir rantai dan sebagai komponen perantara penggerak velg motor.

5. CVT

Kepanjangan dari CVT adalah Continuously Variable Transmission atau jika diartikan, sistem penggerak otomatis pada motor matic. Dimanakah tempat CVT pada motor? CVT tepat berada di samping kiri ban belakang motor.

6. V-belt

V-belt sering disebut juga linden, V-belt merupakan komponen penggerak roda motor seperti halnya rantai motor. Namun, V-belt berbahan lentur dan nggak berisik. Motor yang paling banyak mengaplikasikan V-belt adalah motor matik dan motor gede sejenis Harley Davidson.

7. Sentrifugal atau Ganda

Sentrifugal adalah komponen penghubung dan pemutus daya mesin ke roda. Sistem ini memanfaatkan gaya sentrifugal yang akan memaksa kampas ganda (bantalan gesek) terlempar keluar untuk “mencengkram” bell atau mangkok ganda yang terhubung ke roda. Karena memanfaatkan gaya sentrifugal, pengendara nggak perlu repot tarik kopling saat berhenti. Motor baru akan melaju saat pengendara pelintir gas, motor berhenti saat idle dengan mesin masih menyala.

8. Jalu stang

Jalu stang adalah pelindung berbahan besi, alumunium atau plastik yang berada pada sisi stang motor. Fungsinya melindungi sisi stang biar tuas gas nggak tertahan saat motor terjatuh. Selain itu, ada juga jalu stang yang sengaja dibikin berat untuk mencegah setang mudah bergetar. 

9. Oil Cooler

Sejenis pendingin pada motor namun bagian yang didinginkan adalah oli motor. Oil cooler mendinginkan oli dengan cara memompa oli berulang-ulang ke pendingin yang didinginkan dengan bantuan udara. Motor yang sudah mengaplikasikan oil cooler adalah suzuki satria Fu.

10. Segitiga atau Garpu

Segitiga stang adalah komponen yang berada di samping atau bawah stang motor yang berbentuk segitiga. Sedangkan bahasa pabrikan menyebutnya fork atau garpu. Segitiga stang menghubungkan as shock depan dengan stang.

11. Kaliper atau Pala Babi

Kaliper merupakan komponen tempat kampas rem cakram berada. Fungsinya untuk menekan cakram motor ketika dilakukan pengereman.

12. Master Rem

Master rem merupakan komponen yang berfungsi menekan oli rem sehingga kaliper dapat menekan cakram motor. Master rem berada di kanan stang motor dan punya tabung oli rem, master rem juga berada di pijakan rem jika motor menggunakan rem belakang tipe cakram.

13. Behel atau Planger

Behel atau begel, istilah lain untuk pegangan belakang pada motor untuk penumpang.

 

Nah, seperti itulah beberapa istilah komponen motor yang perlu kawan ketahui. Kalau masih kurang lengkap bantu saya tambahin di kolom komentar ya!

Youtube Belipart