Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
fungsi gasket atau paking untuk mesin
Edukasi

Kegunaan Gasket atau Paking, Fungsi dan Tujuannya

Mayoritas komponen motor dirakit dari beberapa komponen lain. Termasuk mesin yang membutuhkan gasket atau paking untuk dirakit menjadi satu. Gasket adalah sebuah lembaran yang digunakan sebagai perekat untuk penyambung celah antar komponen yang biasa terdapat fluida di dalamnya. Tentu, sebagai salah satu komponen mesin, gasket memiliki fungsinya sendiri dan ternyata krusial. Tanpa adanya gasket tentu saja sambungan antara part vital pada mesin akan rembes oli atau bocor. 

 

Material Gasket atau Paking

material paking gasket kertas dan tembaga

Secara umum, bahan dasar gasket ada tiga jenis yaitu metal, non-metal dan semi-metal. Gasket metal umumnya terbuat dari bahan tembaga, aluminium atau kuningan. Kategori non-metal biasanya dibuat dari asbes, karet, kertas, atau kevlar. Untuk yang campuran alias semi-metal, biasanya gabungan dari bahan metal dan non-metal seperti paking knalpot, ya kan.

Motor umumnya memiliki blok mesin dan kepala silinder yang dibaut di atasnya. Dalam prakteknya, gasket atau perpak ini akan menahan tekanan yang menyebar ke celah blok dan silinder head. Pada mesin pembakaran dalam, lembaran ini juga memiliki fungsi untuk menyalurkan panas dari blok silinder ke silinder head (yang memang menggunakan paking logam). Dengan begitu, cairan pendingin (radiator) ataupun oli nggak bakal bisa merembes atau masuk ke ruang bakar. Makanya kondisinya harus tetap dalam kondisi baik terlebih setelah bongkar mesin, sangat disarankan untuk mengganti paking. 

Hal itu karena ketika kepala silinder diangkat, terkadang paking (terutama bahan kertas) sobek dan menempel di kedua permukaan. Agak berbeda dengan perpak logam yang nggak gampang sobek atau nempel tapi permukaannya justru gepeng. Kalau sudah gepeng kan berarti struktur logamnya jadi padat, ini membuat fungsi sebagai paking jadi berkurang. 

 

Fungsi Dan Kenali Bagaimana Cara Kerja Koil Motor

 

Paking Sebagai “Sealer”

Perpak/paking yang juga sebagai sealer (penahan bocor)

 

Selain itu, gasket juga harus dapat mempertahankan kebutuhan kerapatan dan mencegah kebocoran ketika mesin melakukan proses kompresi. Sederhananya, tujuannya adalah membuat ruang bakar tertutup sempurna sehingga dapat memastikan kompresi maksimum dari ruang bakar diperoleh.

 

Baca juga : 3 Komponen Filter Dalam Motor Yang Mesti Dirawat

 

Kesimpulannya, dari beberapa jenis material paking tadi ternyata punya fungsi dan penempatan yang berbeda. Biasanya, dimana ada paking berbahan logam berada pada komponen bersuhu tinggi, seperti paking blok silinder. Karena dengan bahan logam, panas yang berasal dari satu titik bisa tersalur ke bagian lainnya biar suhu bisa stabil. Beda dengan paking bak CVT berbahan karton atau kertas. Tapi agak aneh sama yang satu ini, paking ini berbahan semi-metal malah bukan berfungsi sebagai perantara suhu juga. Padahal posisinya pas banget di blok silinder.

Youtube Belipart