Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kelebihan dan kekurangan stroke up mesin motor harian
Modifikasi

Kekurangan Dan Kelebihan Stroke Up Buat Mesin Harian

Naik stroke tujuannya adalah agar langkah piston bisa lebih panjang dari standarnya. Dengan begitu, torsi yang dimuntahkan oleh mesin bisa lebih besar. Soal stroke up ini sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya, yang belum nyimak monggo mampir lagi kesini : Penjelasan Stroke Up Bikin Mesin Rasa Balap. Dan pada kesempatan kali ini gue bakal menuhin janji untuk membahas segala kelebihan dan kekurangan alias plus minus stroke up buat mesin motor harian. 

Nah, motor-motor drag biasanya melakukan ubahan langkah mesin ini untuk mengejar time yang cepat di trek yang pendek. Tapi modifikasi mesin yang ini sebenarnya bisa aja dipakai buat harian loh. Justru pada penggunaan harian, karakter mesin bakal lebih asik buat stop n go. Sampai saat ini, ada 3 metode yang biasa dilakukan mekanik yaitu menggeser big end, pakai pen stroke aftermarket berbentuk offset ataupun swap stroke. Tujuannya sama, tapi masing-masing punya kekurangan dan kelebihan dalam penerapannya. Oke, kita bahas dulu sebelum beralih mengulas plus minus stroke up secara general.

 

Pen Stroke, Rentan Melintir

las big end stroke up
Titik pengelasan pen stroke pada daun kruk as

Kebanyakan mekanik mengubah langkah stroke dengan cara menggeser lubang big end meski terkesan cara tersebut lebih tradisional. Mungkin, beberapa dari mereka punya pengalaman yang kurang berkesan pada pen stroke. Terutama dalam hal durabilitas jika dibandingkan pakai pen stroke. Kalau dianalisa dengan logika sepertinya sangat masuk akal, sebab pen stroke sangat mengandalkan kekuatan las pada big end ke daun kruk as. Kuatnya hasil las tergantung dari kemampuan tukang las. Tapi nggak menutup kemungkinan tetap bisa saja melintir, sebab luas bidang las relatif lebih kecil. Apabila kruk as sudah melintir, mesin bakal bergetar (mungkin lebih tepatnya gempa).

Solusi stroke up dengan biaya murah dan express yang ditawarkan pen stroker tetap saja menggiurkan bagi penghemat isi dompet. Pen stroke aftermarket yang dijual di pasaran kisaran Rp 300 ribu. Ini pun sepaket sama bearing bambu belah dengan pemasangan yang lebih mudah.

 

Geser Big End Ribet Dan Mahal

geser big end stroke up
Lubang lama ditutup las, baru kemudian dipasang pen stroke dan dilas

Untuk geser big end, harus dilakukan bengkel bubut terlatih dan spesialis dalam belah membelah kruk as. Nggak cuma itu, skillnya dalam balancing kruk as juga harus dipertimbangkan agar kruk as nggak gampang melintir. Oleh karena itulah, waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama karena banyaknya proses yang dilalui. Dari segi harga, lebih mahal dibanding penggunaan pen stroke aftermarket.

Piston Assy TDR - Mio 65.75mm 196.5cc

Bore up Yamaha Mio Standar jadi 196cc. Profil piston jenong (Dome)

 

Lebay, Angin Kompresor Nggak Bagus Saat Ganti Oli? Ini Pendapat Gue

 

Kelebihan Stroke Up Pada Motor harian

  • Kompresi lebih padat
  • Torsi lebih besar
  • Karakter mesin agresif
  • Bensin relatif lebih irit

bore up satria fu

Mengubah langkah piston seperti di atas bikin kompresi mesin menjadi lebih padat sebab piston lebih banyak menghisap dan memampatkan udara. Hasilnya torsi dari mesin motor otomatis bertambah sehingga mesin terasa sangat bertenaga di putaran bawah. Ini juga akan mempengaruhi powerband yang bergeser pada RPM lebih rendah. Maksudnya adalah, power maksimal bakal bisa diraih pada RPM yang lebih kecil. Dan kalian nggak perlu pelintir gas dalam-dalam untuk mengail tenaga, dengan begitu bukaan skep karbu juga nggak terlalu menganga. 

 

Ring Piston Motor, Dari Fungsi Hingga Tanda Kerusakan

 

Kekurangan Naik Stroke Buat Motor Harian

  • Getaran mesin lebih terasa
  • Suhu mesin cepat dan lebih panas
  • Perawatan lebih intensif
  • Pemasangan rumit dan mahal

Kurang rata saat membalanskan kruk as bikin mesin gemetar nggak karuan. Mencari titik seimbang saat pemasangan stang piston baru juga terbilang susah. Sementara kalau terjadi kerusakan kruk as, mekanik harus melakukan 2 kali kerja yaitu buka head dan crankcase. Tentunya harga kruk as alias crankshaft itu lumayan mahal. Biaya jasa naik stroke juga lumayan mahal sebab perlu dibawa ke bengkel bubut berpengalaman. Jadi kalau kalian hendak naik stroke buat harian mending kumpulin dulu duitnya. 

Youtube Belipart