Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
merawat motor lawas
Tips & Trik

4 Kiat Merawat Motor Lawas Biar Satria F-series Tetap Awet

Sudah seharusnya merawat motor lawas dilakukan dengan baik agar tenaga mesin bisa terus terjaga. Seperti kiat dari para rider Suzuki Satria F-150 yang setia menjaga kondisi motornya meski usia yang sudah lebih dari 10 tahun. Apa saja trik agar performa dan umur Satria F-series agar tetap awet? Yuk kita simak dari salah satu penggunanya!

 

1. Merawat Motor Lawas Secara Berkala

Biasanya pengguna Satria 4-tak yang “telah akrab” lebih dari 10 tahun, secara natural paham betul dalam pemberian treatment yang diperlukan. Terlebih dalam troubleshooting alias perbaikan saat motor kesayangannya mengalami masalah. Menurut riders Satria FU, kiat terpenting yang biasa mereka lakukan adalah merawat motor lawas mereka secara berkala, misalnya tune-up. Hal ini juga sering dijadikan prioritas penting yang harus diperhatikan ekstra.

Perawatan rutin seperti ganti oli, kampas kopling, beserta part fast moving lainnya, cukup penting bagi keawetan komponen dalam mesin. Dan bisa jadi, hal ini juga berpengaruh untuk feeling kenyamanan berkendara. Biasanya, jika kiat pertama ini terlewat, area piston maupun silinder adalah komponen yang pertama kali terdampak.

ganti oli

Oleh sebab itu, prioritas utama dalam merawat Satria F-series ini sangat fatal bila terlewat. Perawatan ini bisa dilakukan dirumah, bengkel spesialis bahkan bengkel resmi yang lebih terjamin pelayanannya. Minimal penggantian oli harus rutin diganti biar mesin awet dan terhindar dari ancaman overheat seperti yang udah pernah dibahas, disini!

 

2. Gunakan Part Modifikasi Ringan

modifikasi satria f150

Jika difikir matang, penggunaan part atau aksesoris berlebihan malah nggak bagus buat komponen bawaan motor. Sebab beberapa part modifikasi memerlukan penyesuaian sana sini, bisa jadi struktur komponen standar diubah agar (part modif) dapat terpasang. Lebih bagus kalo Sobat Bikers pemilik Satria F-series gunakan aksesoris PNP saja.

Alternatif lain kalo pengen motor keliatan lebih ganteng adalah dengan repaint atau stripping body. Yang perlu diperhatikan adalah, ubahan tersebut tidak merubah warna yang tertera pada STNK.

Ditambah lagi, karena ubahannya minim, merawat motor lawas juga lebih mudah, dan kondisi motor mudah dipantau jika terjadi masalah.

 

Baca juga : Tips Hemat Budget Tanpa Bore Up Satria FU Makin Jos

 

3. Merawat Kebersihan Motor Lawas

cuci motor

Rutin mencuci motor selain menjaga kebersihan, sobat akan lebih mengetahui kondisi motor. Terlebih jika dipakai harian, menjaga kebersihan motor akan mengurangi kemungkinan masalah seperti karat dan cat pudar. Masalah-masalah kecil seperti rantai kendor, ban kempis kurang angin atau yang lainnya bisa diketahui lebih cepat. Apalagi jika mencuci motor dilakukan sendiri.

 

4. Sering Diajak Riding

Salah satu poin krusial biar motor tetap awet, justru harus sering-sering dipakai riding. Kalau motor jarang dipakai, bagian mesin seperti oil cooler rawan rembes, sebab sirkulasi nggak jalan. 

Di sisi lain, sering ajak jalan motor kesayangan bisa mempererat hubungan feeling antara rider dengan motornya. Selain itu, apabila motor mengalami hal yang tak wajar, rider bisa dengan mudah mengetahuinya. Sehingga bisa cepat-cepat bisa diajak main ke bengkel.

Itulah 4 kiat yang paling mudah agar Satria F-series tetap awet. Kira-kira, ada yang punya trik jitu lain apa nggak nih Sobat Bikers?

Youtube Belipart