Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kick starter ngelos
Edukasi

Aki Tekor, Kick Starter Ngelos Bikin Sebel, Ini Penyebabnya!

Sobat Bikers ada yang pernah ngalamin kejadian kick starter ngelos nggak normal? Pasti disini sobat Ojol pernah ngerasain nih, secara “jam terbang” motornya bisa dibilang sangat tinggi. Menyebalkan memang, apalagi pas aki motor lagi tekor, padahal lagi macet-macetnya jalanan. Alhasil diklaksonin melulu sama yang dibelakang. Sialnya, kondisi selahan motor yang ngelos macam ini memastikan si pengendara mau nggak mau harus mendorong motornya hingga ke bengkel terdekat. Biar nggak sampai kejadian hal kayak gini, kalian wajib tahu apa sih penyebab starter engkol atau kick starter atau selahan motor jadi ngelos lebih dulu. Penjabarannya sudah ada di bawah sini.

 

Penyebab Kick Starter Motor Manual Ngelos

setelan kopling
Setel jarak bebas agar kopling nggak ketarik saat belok

Beberapa hal yang menyebabkan kick starter ngelos pada motor bebek maupun sport bisa jadi disebabkan oleh setelan kopling yang terlalu rapat sehingga per kanvas kopling jadi tertekan. Sama halnya saat kalian mengayun engkol starter dengan tuas kopling ditekan, ngelos kan? Hal inilah yang menyebabkan daya putar dari engkol starter nggak bisa tersalurkan pada crankshaft (kruk as) untuk melakukan kompresi pada ruang bakar. Tapi untuk beberapa motor sport masih bisa diengkol meskipun tangan sedang menekan tuas kopling, contohnya motor sport 2 stroke Kawasaki Ninja 150. Kalo hal seperti ini terjadi pada motor lain, ya apes banget.

setelan kopling motor bebek
Setelan kopling pada motor bebek

Untuk mengatasinya, kalian cukup mengecek setelan kopling pada tuas dan bagian stut kopling dekat mesin. Pastikan keduanya memiliki sedikit jarak bebas agar sewaktu stang berbelok kabel atau seling kopling nggak sampai tertarik. Motor bebek semi-manual dengan kopling sentrifugal bisa dilakukan penyetelan pada baut setut kopling yang biasanya berada pada bagian samping mesin.

 

Engkol Starter Motor Matic Ngelos

kick starter motor matic ngelos

Pada motor matic, penyebab engkol starter ngelos ini biasanya disebabkan oleh gigi engkol mengalami patah atau bahkan pecah. Inilah yang terjadi apabila engkol starter awalnya susah balik ke posisi semula namun terus dipaksakan untuk digunakan. Nah, kalo gigi starter sudah patah, kalian bisa mengelas kembali patahan gigi yang pecah dengan kawat las LB atau yang memiliki kadar baja tinggi. Tentunya hal ini hanya untuk sementara ya, sob.

Saran gue, lebih baik gir engkol yang patah ini segera diganti dengan yang baru. Harganya nggak semahal dengan resiko dan rasa was-was jika sewaktu-waktu gir tersebut pecah tiba-tiba. Sobat Bikers bisa membelinya di Belipart, tinggal cari dengan kata kunci “gir engkol atau gir starter” di kolom pencarian. Merk-merk yang dijual disini bervariasi, hal tersebut menguntungkan buat kalian untuk memilih harga yang sesuai dengan kantong. Coba cek disini!

 

Baca juga : Starter Motor Tiba-tiba Mati, Cek Empat Komponen Ini!

 

Kompresi Hilang

mesin motor rembes

Hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab permasalahan ini, sob. Hilangnya tekanan kompresi pada mesin terjadi karena adanya celah pada ruang bakar saat piston melakukan langkah kompresi. Bisa jadi biang keladinya adalah klep yang bocor, ring piston lemah, bahkan busi yang longgar. Berbeda dengan kedua kasus di atas, engkol starter masih berfungsi dan terasa masih normal hanya ayunan yang lebih ringan tanpa impact balik.

Sayangnya, nggak ada cara lain mengatasi hal ini kecuali membongkar bagian depan mesin motor kalian, akan lebih bagus jika bisa memastikan bagian manakah yang mengalami kerusakan. Karena memang lebih baik dilakukan pengecekan bagian mesin, daripada “memaksakan” dengan sekedar mengakalinya. Dan jangan lupa, lakukan pada bengkel yang memang memiliki pengalaman untuk membongkar mesin agar motor kesayangan nggak jadi korban malpraktek mekanik nakal. Ciri-ciri mekanik atau montir yang seperti ini bisa sobat baca kembali pada artikel ini : Montir Nakal Suka Curang Saat Servis Motor, Ini Tanda-tandanya!

Youtube Belipart