Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
komparasi velg racing dan jari-jari
Komparasi

Komparasi Velg Racing Dengan Velg Jari-jari

Saat ini mungkin sudah banyak pengguna sepeda motor yang melakukan modifikasi pada motornya baik yang menggunakan velg racing maupun jari-jari. Dan tentunya masing-masing jenis velg ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah kali ini kita lakukan komparasi velg racing dengan velg jari-jari berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Garis besarnya sobat bisa lihat tabel di bawah ini, lalu kita bahas dari velg jari-jari terlebih dahulu kemudian selanjutnya velg racing.

 

Komparasi Velg Racing Dengan Velg Jari-jari

Velg Racing Velg Jari-jari
Bobot Ringan Tidak Ya
Harga Mahal Murah
Perawatan Simple Ribet
Daya Tahan Sedang Kuat
Handling Stabil Kurang

 

 

 

 

Velg Spoke Wheel / Jari-Jari

Velg jenis ini memiliki bagian utama agar bisa digunakan diantaranya yaitu velg, jari-jari dan tromol. Untuk jenis yang satu ini biasanya digunakan pabrikan yang cukup nge-trend di tahun 2009-an. Namun jangan salah, sampai saat ini, masih banyak motor keluaran baru yang masih menggunakan spoke wheel. Contoh saja motor basis trail seperti Kawasaki KLX, Honda CRF, Yamaha WR 155 atau bahkan moge seperti BMW dengan GS series adventure-nya. Bukan hanya sekedar gaya, penggunaan velg jari-jari ini dikarenakan daya tahan yang kuat untuk menerjang medan berat.

Selain kuat, spoke wheel macam ini juga memiliki bobot yang ringan dari velg racing, nah itulah alasan beberapa motor drag race yang sangat bergantung dengan bobot motor sangat bergantung pada velg jenis ini. 

pasang ban tubeless pada velg jari-jari

Sayangnya, velg jari-jari nggak bisa begitu saja dipasangi ban tubeless, perlu beberapa modifikasi terlebih dahulu agar bisa dipasang. Nggak cuma itu, sebagian berpendapat bahwa velg model ini cukup merepotkan saat dicuci, sobat harus membersihkan jari-jarinya satu per satu. Umur penggunaan normal pada velg ini pun kurang awet, sebab kalian akan lebih sering menyetel jari-jari, terlebih dengan pemakaian pada medan yang berat. Dan karena lingkar velg ini hanya ditopang oleh jari-jari (kurang rigid), maka velg ini memang kurang cocok untuk bermanuver kecepatan tinggi.

Kelebihan Velg Jari-jari / Spoke Wheel :

  • Bobot lebih ringan
  • Daya tahan di medan berat
  • Harga yang ekonomis
  • Bisa disetel ulang jika terjadi kerusakan misalnya bengkok

Kekurangan Velg Jari-jari / Spoke Wheel :

  • Kurang rigid (kaku) handling menurun
  • Nggak bisa langsung dipasang ban tubeless
  • Biaya perawatan yang mahal, misal press, stel jari-jari dll.
  • Rawan karat pada bagian jari-jari

 

Velg Cast Wheel / Velg Racing

Mengenai velg racing atau bahasa kerennya Casting Wheel, (bahkan sekarang ada pula Forged Wheel) yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh hampir semua pabrikan motor. Velg ini sering digunakan karena praktis, karena ongkos dan produksi yang nggak se-repot dengan velg jari-jari. 

Velg Cast Wheel ini dalam bagian bearing nggak mudah aus sehingga lebih awet ditambah lagi velg racing jenis ini lebih stabil jika digunakan untuk bermanuver dan digunakan untuk hard breaking. Selain stabil, velg jenis ini juga memiliki tampilan yang cukup keren dan lebih mudah dalam perawatannya misalnya dalam mencuci velgnya.

 

Baca juga : Kelebihan & Kekurangan, Ini Perbedaan Oli Mineral Dan Sintetik!

 

Karena kestabilan yang lebih baik sehingga velg jenis ini banyak digunakan untuk ajang balap road race, dan sirkuit. Dan jika ingin menggunakan ban tubeless maka nggak perlu ubahan lagi karena tinggal pasang saja.

Namun velg jenis ini biasanya memiliki harga yang lumayan cukup mahal jika dilakukan komparasi velg racing dengan spoke wheel. Karena bentuk yang rigid alias kaku, untuk dari segi kekuatan velg ini masih relatif dibawah velg jari-jari. Selain itu, velg racing ini memiliki bobot yang lebih berat.

Kelebihan Velg Racing  / Cast Wheel

  • Bisa langsung dipasang menggunakan ban tubeless
  • Memiliki kestabilan yang bagus
  • Praktis dalam pemasangan
  • Lebih mudah dalam melakukan perawatan
  • Tampilan motor lebih sporty

Kekurangan Velg Racing / cast wheel

  • Harga lebih mahal
  • Bobot lebih berat
  • Daya tahan relatif lebih rendah dari Spoke wheel

Youtube Belipart