Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
merawat rantai motor
Tips & Trik

Begini Cara Terbaik Merawat Rantai Motor Dengan Mudah

Merawat dan menjaga kebersihan rantai motor sebaiknya jangan dianggap sepele. Bagian yang sangat penting ini bisa kendur dan rusak karena berbagai faktor. Kalo dibiarkan kelamaan, nggak cuma komponen ini saja yang rusak, tapi juga keseluruhan motor itu sendiri. Nah, biar perjalanan bermotor Sobat Bikers selalu aman dan lancar, simak yuk tips merawat rantai motor berikut ini!

 

Pelumas Khusus Untuk Merawat Rantai

pelumas rantai belipart blog

Supaya komponen penggerak ini tetap awet, kalian harus rajin-rajin menggunakan pelumas pada rantai motor. Pelumas ini berfungsi untuk melumasi hingga ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan dengan lebih praktis dan mudah. Banyak kok produk perawatan yang dijual di toko-toko aksesoris ataupun bengkel. Umumnya chain lube ini dikemas dalam botol aerosol atau semprotan. *Catatan : gunakan chain lube, jangan sampai ketuker chain cleaner!

 

Hindari Oli Bekas Untuk Melumasi

Berpikir lebih praktis dan lebih murah, biasanya ada saja bikers yang menggunakan gemuk dan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai jadi nggak awet. Lebih baik mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot mengganti rantai motor yang rusak nantinya.

 

Rutin Merawat Kebersihan Rantai 

Nah, ini hal yang sangat penting dalam menjaga keawetan rantai motor. Seiring pemakaian pada cuaca hujan maupun panas, pasti rantaimu menjadi kotor dan berdebu. Terutama saat musim hujan, dipastikan rantai gampang banget kotor. Nah, kalo sudah begini, jangan maksain motor buat nerjang lokasi banjir ya! Kotoran berupa pasir yang terbawa air banjir bakal bisa dipastikan merusak komponen rantai lebih cepat. 

Oleh karena itu, sobat mesti rutin membersihkannya sesegera mungkin jika komponen ini sudah kelihatan kotor. Caranya simpel kok, sobat bisa gunakan sabun colek + bensin dan sikat gigi, atau bisa gunakan alternatif lain seperti chain cleaner. Selain terlihat bersih, rantai motor jadi awet deh.

 

Perhatikan Setelan Rantai Motor

setel kekencangan rantai

Jangan lupa untuk mengecek kondisi ketegangan rantai biar tahu kendor atau justru terlalu kencangkah rantai sobat bikers. Sebab ada beberapa faktor yang menyebabkan komponen ini jadi kendor, salah satunya karena aus. Sobat bisa mengatasinya dengan setting kembali kekencangan rantai dengan mudah kok. 

Begini caranya, 

  1. Kendorkan mur as roda secukupnya. 
  2. Kemudian perhatikan posisi diatas as sumbu roda biasanya terdapat garis-garis atau tingkatan posisi maju mundurnya. 
  3. Lakukan pada sisi kiri (sisi rantai) terlebih dulu, kencangkan baut setelan rantai hingga rantai sedikit kencang. 
  4. Terakhir, perhatikan posisi pada tingkatan (garis) untuk disamakan pada sisi satunya. 

Kalo Sobat Bikers kurang berpengalaman atau nggak berani mencoba trik diatas, tinggal kalian pasrahkan pemeriksaan dan penyetelan kepada ahlinya ya.

 

Gunakan Sparepart Asli

Daripada  memakai gir dan rantai yang palsu, lebih baik sobat menggunakan yang asli dan orisinil dari pabriknya. Meskipun amat ramah kocek, nantinya malah akan direpotkan kalau menggunakan rantai dan gear palsu yang justru gampang rusak. Untuk itu, harus segera mengganti rantai dan gear motor kalian dengan yang asli yang sudah terjamin kualitasnya. 

GEAR SET + RANTAI SCORPIO Z UNIBEAR

Jika sobat rajin, sebenarnya bisa mencegah terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan. Nggak mau kan tiba-tiba rantai malah putus saat sedang berkendara? Nah, itulah tips merawat rantai motor supaya awet. Jangan sampai nantinya malah menyusahkan diri sendiri karena mengabaikannya.

Youtube Belipart