Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor brebet
Tips & Trik

Dikira Bensin Habis, Ini 6 Sebab Laju Motor Injeksi Brebet

Gue yakin sebagian besar dari Kalian pernah mengalami hal yang menjengkelkan pas riding. Salah satunya kejadian tiba-tiba motor brebet saat menarik gas seperti ada yang tersendat. Ngaku deh sob, pertama yang kalian pikirkan adalah habis bensin, yakan. Rupanya bukan itu penyebab utamanya. Lalu apa dong yang bikin gejala brebet dan tersendat ini muncul? Di bawah sini sudah Gue siapin 6 penyebab motor Sobat Bikers brebet dan tersendat saat di gas. Simak baik-baik ya!

 

Filter Udara Bermasalah

Kondisi filter udara kotor seringkali jadi penyebab motor kesayangan sering ngadat. Kejadian seperti ini disebabkan karena proses masuknya udara terhalang kotoran pada saringan penyekat. Sehingga campuran AFR (air to fuel ratio) udara dan bbm jadi “nyeleneh”. Bahkan nggak cuma itu, peristiwa kayak gini bikin konsumsi bensin bakal jadi lebih boros dengan tenaga yang makin loyo. 

filter udara kotor

Jalan keluarnya adalah :

Buka cover filter udara, kemudian lepas bagian sekat penyaring. Untuk kondisi box filter yang kelewat ekstrim (debu kotoran), Gue saranin mending dibongkar sekalian boksnya. Langkah berikutnya sebenarnya tergantung selera, asal tujuannya adalah bikin set filter udara tersebut bersih. Mau ganti sekat filternya atau sekedar disemprot udara bertekanan, nggak masalah. Kalo kondisi sekat filter sudah nggak layak ya mending diganti.

Filter Udara Racing Vs Standar Buat Harian, Oke Yang Mana?

 

Busi Bermasalah, Motor Jadi Brebet

busi waktunya ganti

Pengaturan gap alias jarak elektroda terhadap ground busi yang sesuai dengan kebutuhan mesin berefek pada pembakaran yang optimal. Meski pabrikan sudah mematok gap busi di angka kisaran 0,7 – 0,9 mm, rupanya masih bisa dikutak-katik sesuai selera, sob. Tentu saja dengan konsekuensi yang harus ditanggung. Karena setiap ubahan gap, berubah pula kondisi api yang dihasilkan. 

Gap yang terlalu sempit bikin mesin sering missfire. Sebab panjang api yang dipercikkan busi terlalu kecil. Efeknya pun langsung terasa saat pertama kali mesin dinyalakan, lebih susah untuk starting mesin. Dan mesin nggak bisa idle secara normal dan gampang mati. Namun sebaliknya, setelan lebih longgar dari bawaan bikin mesin lebih cepat panas. Malah ketika diajak berakselerasi, timbul gejala ngelitik di RPM atas. 

Lebih bagus segera ganti busi kalo memang busi sudah mati, biar motor nggak rewel. Atau bisa kalian bersihkan busi sebelum kalian memutuskan untuk menggantinya. Jangan kelupaan buat setel kerenggangan businya.

 

Setingan Klep Kurang Pas

Klep atau valve punya peranan penting untuk mendukung proses kompresi mesin. Oleh sebab itu besarnya tekanan kompresi juga tergantung dari settingan klep. Makin lebar klep terbuka semakin banyak pula udara masuk, dan sebaliknya. Masalah motor brebet akan muncul ketika setelan klep terlalu renggang bikin campuran bbm dan udara sangat sedikit. Tentu hal ini akan berpengaruh saat sobat berakselerasi pada RPM atas. Mesin ngelitik pun sudah pasti.

Jalan keluarnya cukup mudah, setel kerenggangan klep sesuai kebutuhan mesin di bengkel kepercayaan kalian. Kok bukan setelan standar? Lingkungan, kebutuhan maupun letak geografis yang berbeda nggak bisa diukur dengan parameter (standar) yang sama, yakan.

 

Fuel Pump Error Bikin Motor Injeksi Brebet 

motor brebet karena fuel pump mampet

Sistem pengabutan bahan bakar injeksi sudah pasti dilengkapi ­fuel pump. Tanpa piranti ini, injektor nggak bakal mampu menyemburkan bensin ke ruang bakar, sob. Cek bagian ini kalo motor injeksi kalian sering brebet. Kotoran yang menyumbat pada fuel pump bikin tekanan jadi lemah. Terkadang ada juga yang memang harus diganti, buat Sobat Bikers yang sering tiris bensin harus waspada nih! Banyak kasus pompa bensin rusak gara-gara sering kehabisan bensin.

Lebih bijak kalo sobat mencegah hal-hal yang bikin fuel pump jadi rusak, seperti yang Gue jelasin barusan, sebab part ini lumayan mahal, bro. Kalo terlanjur rusak mending dibawa ke bengkel resmi saja, selain peralatan lengkap, part orisinil juga tersedia.

 

Aki Tekor

Permasalahan yang satu ini cukup gawat, sob. Motor brebet tersendat bisa dialami jika tegangan listrik dari aki under voltage alias kurang daya. Kejadian ini mempengaruhi kinerja komponen listrik lainnya seperti halnya fuel pump, ECU, maupun sensor lainnya.

aki soak bikin motor brebet

Jangan pandang sepele masalah yang beginian kalo nggak mau perangkat listrik kalian rusak. Cepat-cepat ditangani sob! Beberapa aki bisa di charge lagi, tinggal bawa ke tukang servis aki. Kalo aki motor rusak, cara yang paling bijak adalah menggantinya. Disini ada beberapa pilihan aki dengan harga termurah sob, klik disini!

 

Injektor Bermasalah 

Fungsi dari injektor sendiri yakni untuk mengabutkan bbm ke dalam ruang bakar. Apa jadinya kalo injektor kotor dan mampet? Campuran udara dan bensin jadi nggak seimbang atau bahkan nggak ada sama sekali. Otomatis bikin laju motor jadi nyendat-nyendat.

Masalah yang ini bisa diatasi dengan membersihkan sistem injeksi di bengkel terpercaya. Soalnya buat benerin komponen yang satu ini butuh alat-alat khusus seperti injector tester dan FI Cleaner. 

 

Seperti itulah sob, beberapa penyebab kenapa motor injeksi kalian brebet dan tersendat-sendat saat dipakai jalan. Yang terpenting jangan buru-buru panik meskipun memang bikin bete sih kalo motor tiba-tiba lemot. 

Youtube Belipart