Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor injeksi nyendat
Tips & Trik

Motor Injeksi Suka Nyendat, Jangan Panik! Ada Solusinya

Sebagian besar motor injeksi memang ditakdirkan lahir dengan segudang keunggulan teknologi canggih. Namun akhir-akhir ini banyak keluhan jika motor jenis injeksi ini sering nyendat-nyendat pada putaran rendah, khususnya motor injeksi lawas. Yang mana hal ini bikin busi standarnya rutin “maksa” ganti baru secara premature, sebelum masa atau periode penggantian rekomendasi pabrik (biasanya tiap 8000 km). 

Penggantian busi yang nggak wajar inilah yang bikin Riders mengeluh karena musti bolak-balik bengkel. Padahal motor injeksi sendiri tergolong motor unggul dalam hal teknologi. Kira-kira kenapa bisa begitu, sob? metode paling cepat yakni dengan melihat  permukaan Insulator busi (keramik pembungkus elektroda). Insulator ini punya fungsi untuk melindungi aliran listrik biar nggak bocor ke samping. Jadi gini sob, desain insulator busi ini turut andil untuk menyumbang performa. Tetapi pada kasus ini, disinyalir bagian ini terjadi penumpukan endapan karbon (Carbon Fouling).

insulator busi

Endapan karbon ini bisa bikin performa busi menjadi berkurang karena karbon juga bersifat penghantar listrik. Yang mana kekuatan loncatan bunga api di area Electrode Gap jadi nggak fokus. Dengan begitu, pembakaran jadi nggak sempurna. 

Faktor timbulnya endapan carbon pada insulator sebenarnya ada banyak, namun kali ini yang gue bahas adalah yang paling umum aja ya sob. Sikaaat!!

 

Kelamaan Panasin Motor, Jarang Ngebut

self cleaning busi

Motor terlalu sering dalam kondisi Idle atau dipakai dengan kecepatan yang terlalu rendah akan menyebabkan endapan karbon pada permukaan insulator. Hal itu pun terjadi saat motor hanya dipanasin dengan membiarkannya dalam keadaan stationer. Penyebabnya adalah suhu yang belum mencapai batas minimal untuk busi dapat membersihkan sendiri endapan ini. Karbon ini dapat hilang dengan sendirinya apabila busi berada pada suhu 450 – 870 derajat Celcius.

busi berkerak penyebab motor nyendat
Tumpukan Karbon Masih Tebal (kiri), Busi Setelah Self Cleaning (kanan)
BUSI SUPER IRIDIUM 071RZ TDR

Busi Super Iridium TDR memiliki ujung bahan iridium yang meruncing menghasilkan percikan yang kuat agar fokus api busi maksimal.

 

Kualitas BBM Buruk

Motor berteknologi advance butuh bahan bakar yang sesuai spesifikasinya yaitu dengan berpatokan dengan besaran kompresi mesin. Apabila dipaksakan menggunakan bahan bakar yang nggak sesuai, proses pembakaran nggak bakal bisa sempurna. Dan secara nggak langsung akan timbul kerak karbon pada permukaan Busi, Valve dan Sensor Oksigen. 

isi bensin tidak sesuai kompresi mesin

Kondisi ini bisa lebih buruk lagi karena motor bakal kehilangan power akibat suhu ruang bakar meningkat tajam. Terutama bagian elektroda yang bisa bikin kerja busi terjadi misfire, akibatnya bensin nggak terbakar dengan sempurna. Kondisi seperti ini kalo dibiarkan kelamaan malah mempercepat proses terjadinya kerak karbon.

 

Solusi Biar Motor Injeksi Nggak Nyendat-Nyendat

Memang, mayoritas motor injeksi kurang cocok dengan premium, yang mana justru bikin kerak karbon pada Busi. Lebih parah lagi, bisa menyumbat Catalytic Converter dan mempersingkat umur sensor Oksigen. So, gunakan jenis bahan bakar yang punya oktan sesuai kompresi mesin. Ya minimal pertamax saja biar aman.

motor ngebut pakai helm

Motor jangan terlalu lama pada kondisi Idle (putaran stasioner) karena busi perlu harus pada suhu 450 – 870 derajat Celsius agar dapat membersihkan endapan karbon secara sendirinya. Nggak ada salahnya jika sesekali motor diajak ngebut, asal dilakukan di tempat yang benar. Dengan ngebut, mesin akan membawa beban kerja sesuai “kodrat”-nya sehingga ini bakal berpengaruh lebih optimal dibanding geber-geber dalam kondisi standar tengah.

Youtube Belipart