Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
perlengkapan musim hujan yang wajib dibawa bikers
Edukasi

Musim Hujan Lagi, Bikers Wajib Bawa Perlengkapan Ini

Telah tiba di bulan berakhiran “brrr”, artinya hujan bakal sering mengguyur daerah kamu. Supaya kamu nggak jadi “brrr” menggigil karena dingin kehujanan, baiknya bersiap membawa perlengkapan tambahan. Dan inilah daftar perlengkapan yang wajib dibawa saat musim hujan, dari paling standar hingga yang sering terlupakan.

 

Jas Hujan

Jas hujan adalah benda paling umum yang berdiam dalam jok motor meskipun nggak lagi musim hujan. Permasalahannya, model jas hujannya seperti apa? Sebab masih sering terlihat di jalan, pengendara mengandalkan jas hujan ponco. Jelas bukan masalah kalau hanya untuk menahan air. Tapi saat riding, mantel ponco sangat berpotensi jadi penyebab kecelakaan.

Sebab bentuk jubah panjangnya ini rentan diterpa angin, hingga seringkali rider nggak sadar mantelnya menghalangi stoplamp. Dan inilah yang membahayakan pengendara lain di belakang. Lebih parah lagi kalau nyangkut di rantai atau roda, bukan hal mustahil si pengendara bakal kehilangan kendali dan jatuh.

jas hujan dipakai pengendara melewati hujan

Setidaknya siapkan jas hujan jenis atas-bawahan terpisah alias two pieces, meskipun harganya agak lebih mahal. Semisal darurat, bisa beli versi murahnya di minimarket mulai Rp 15 ribuan. Hanya saja bahan plastiknya tipis, nggak bertahan lama.

Lebih baik keluarkan dana lebih untuk beli mantel hujan yang berkualitas bagus yang harganya biasa dipatok Rp 80 – 100 ribuan. Sesuaikan saja dengan kantong kamu. Secara nggak langsung, ini justru akan menghemat pengeluaranmu, loh. Mantel bisa dipakai berulang kali dengan waktu yang lama dan digunakan lagi saat musim hujan.

 

Rain Cover

rain cover pelindung tas saat musim hujan

Selanjutnya rain cover untuk tas, menjadi hal yang sering dilupakan. Tapi memang ya, mungkin karena sewaktu riding nggak selalu bawa ransel. Kalau kebetulan bawa ransel terus hujan, terkadang ransel dipaksa muat ke dalam jas hujan. Memang fungsinya sama-sama melindungi, tapi dalam pemakaian menimbulkan rasa nggak nyaman. Padahal rain cover sekarang ini nggak mahal – mahal banget kok. Dari belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu, lansiran brand perlengkapan outdoor.

 

Shoe Cover

pelindung sepatu anti air dan basah

Produk pelindung sepatu sekarang juga sudah mulai banyak dijual. Disarankan jangan pakai jenis semprotan anti air, bagian dalam kadang masih kebasahan juga. Lebih efektif kalau membeli cover sepatu berbahan plastik. Tapi perlu diingat, pilih yang tapaknya bermaterial karet. Supaya pijakan kamu nggak selip karena licin. Sama murahnya, mulai belasan ribu Rupiah.

 

Remote Keyless Terkena Air Hujan, Bakal Bermasalah?

 

“Stiker” Anti Air

Kaca terkena bias air yang mengganggu visibilitas

Nah, di samping pembungkus tubuh dan barang bawaan, helm juga mesti ikut dipikirkan. Visibilitas bakal terganggu sebab visor helm yang terhalang air. Untuk menghindari berkumpulnya titik air, stiker anti air bisa jadi solusi. Seperti namanya, stiker ini menghalau air yang menempel di permukaan kaca. Umumnya benda ini hanya membungkus sebagian permukaan kaca helm, fokus di bagian mata. Jadi bisa diaplikasikan ke berbagai jenis helm termasuk model bogo dengan kaca cembung. Satu lembarnya biasa dijual mulai dari Rp 50 ribuan.

Khusus helm model full face, hujan berpotensi menimbulkan embun di sekitar kaca helm akibat udara yang kamu hembuskan dari hidung. Cara mudah agar visor nggak ngembun, kamu bisa buka sedikit visornya agar udara dari luar helm bisa masuk. Atau kamu bisa juga memakai balaclava, buff atau masker agar hembusan nafas nggak langsung mengarah ke visor. 

 

Ban Terbaik Saat Musim Hujan, Hindari Resiko Tergelincir

 

Ban

Kalau ban sudah mulai gundul sebaiknya segera ganti sebab sudah nggak optimal membuang air. Dan saat memilih tipe ban, upayakan memilih jenis intermediate dan soft compound. Sebab biasanya kontur ban jenis seperti itu memang didesain untuk maksimal membuang air.

Youtube Belipart