Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
pompa nitrogen dan angin biasa
Komparasi

Isi Angin Ban Nitrogen, Dan Bedanya Dengan Angin Biasa

Ban merupakan komponen terpenting dalam memaksimalkan traksi antara kendaraan dan permukaan jalan agar tidak mudah selip. Namun peran sebuah ban ini bakal percuma tanpa adanya angin / udara didalamnya. Umumnya, hanya ada dua jenis udara yang biasanya digunakan untuk mengisi ruang kosong dalam ban, yakni nitrogen dan angin biasa. Kira-kira adakah perbedaan saat menggunakan kedua jenis angin di atas untuk mengisi ban? Kemudian, mana sih yang lebih baik, mengisi ban dengan nitrogen atau angin biasa? Nanti bakal kita bahas bersama di bawah ini ya.

Beda Nitrogen dan Angin Biasa

Kiri Merupakan Kandungan Angin Biasa, Kanan Kandungan Nitrogen Dalam Ban
Kiri Merupakan Angin Biasa, Kanan Nitrogen Dalam Ban

Nitrogen merupakan gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa, kandungan gasnya masih ada air. Alhasil, saat ban diisi dengan angin biasa, akan terasa lebih berat karena terjadi proses pemuaian di dalam ban. Sementara kalau diisi dengan angin nitrogen, bobot ban jadi lebih ringan.

Karena di dalam angin biasa, terdapat kandungan air yang bercampur dengan udara, jadi saat suhu ban menjadi panas maka air akan menguap. Ban jadi lebih penuh air bukannya udara dan tentu saja membuat bobot ban makin berat. Karena hal tersebut, ban menjadi lebih mudah untuk pecah/meletus. Selain itu, ban jadi cepat aus karena memiliki massa yang lebih berat.

Berbeda jika mengisi ban dengan nitrogen. Karena murni tanpa kandungan air, membuat tekanan ban akan lebih stabil. Memacu motor untuk berakselerasi pun jadi lebih ringan. Jadi gini sob, kalau diisi angin biasa, ban jadi berat dan mudah kempes. Berbeda jika mengisi ban dengan nitrogen, ban gak mudah kempes meskipun motor lama tak dipakai.

 

Kelebihan Mengisi Ban Dengan Nitrogen

  1. Ban lebih awet dan tahan lama, lebih jarang menambah angin
  2. Tekanan ban tetap stabil, daya cengkram di aspal lebih kuat
  3. Hemat BBM, karena laju kendaraan terasa lebih enteng menggunakan ban berisi nitrogen
  4. Keselamatan lebih terjamin, nggak perlu takut ban meledak di jalan
  5. Ban jadi lebih awet
Jangan Lupa Untuk Mengikuti Acuan Tekanan Ban Saat Mengisi Ban Dengan Nitrogen
Jangan Lupa Untuk Mengikuti Acuan Tekanan Ban Saat Mengisi Ban Dengan Nitrogen

Dari kesimpulan tersebut, lebih baik jika ban motor kalian diisi dengan nitrogen dibanding angin biasa. Walaupun konsekuensinya, harus bayar lebih mahal. Untuk mengisi ban dengan angin biasa, mungkin dengan selembar uang Rp 2.000 rupiah  sudah cukup. Berbeda jika mengisinya dengan angin nitrogen, maka kalian harus siapkan uang setidaknya sejumlah Rp 5.000. Harga tersebut untuk mengisi masing-masing ban.

Tapi ingat, kalau mau isi dari angin biasa ke nitrogen, lebih baik jika menguras dulu angin yang lama, pastikan sudah nggak ada angin yang tersisa, kemudian baru diisi dengan angin nitrogen.

Youtube Belipart