Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Edukasi

Penjelasan Stroke Up Bikin Mesin Rasa Balap

Pastinya tiap kendaraan bermotor erat hubungannya dengan kapasitas mesin (Engine Displacement), dimana satuan ukurnya adalah centimeter cubic atau cc. Kapasitas mesin ini sendiri dipengaruhi oleh dua hal, yang pertama adalah diameter piston (bore). Dan yang kedua adalah panjang langkah piston naik-turun yang disebut dengan stroke. Modifikasi mesin dengan mengubah diameter piston disebut bore up, sedangkan modif langkah piston namanya stroke up atau bahasa kerennya jack rod. Nah, dengan mengubah langkah atau stroke up, otomatis kapasitas mesin dan besaran torsi pun pasti berubah. Hal inilah yang mempengaruhi karakter mesin motor kalian, sob. Udah yuk kita bahas bareng setelah ini!

 

Penjelasan Stroke Up

CARA KERJA MESIN 4 TAK

Istilah stroke up nggak bisa lepas dari dunia otomotif terutama modifikasi atau oprek mesin. Secara sederhana, stroke up adalah memperpanjang jarak main piston dari TMA ke TMB. Memperpanjang langkah piston ini juga bisa dilakukan dengan menggeser posisi Big End kruk as (crankshaft) sedikit lebih keluar dari pusat poros kruk as. Dengan begitu jarak main atau langkah piston menjadi bertambah jauh, baik jarak piston ke TMA semakin tinggi dan juga jarak piston ke TMB yang semakin turun. 

teori atau cara kerja stroke up memperpesar torsi

Begini, biar gue jelaskan dengan logika yang sederhana. Tujuan piston naik turun adalah untuk memutar kruk as. Sama seperti kalian saat membuka baut. Poros kruk as disini adalah baut, kunci sebagai daun kruk as (menentukan jarak big end dan poros), lengan kalian sebagai stang piston. Saat kalian membuka baut dengan kunci yang pendek, maka tenaga yang dibutuhkan juga makin besar. Disinilah, jarak poros kruk as dengan big end juga lebih pendek. Tapi sebaliknya, mekanik mengakali baut yang keras dengan menggunakan kunci yang lebih panjang untuk mendapat momen puntir lebih ringan.

 

Motor Bore Up Buat Touring, Ngeri-ngeri Sedap!

 

Jadi, metode untuk modifikasi mesin satu ini bisa dilakukan dengan beberapa cara ;

  1. Dengan jalan memotong dan menggeser posisi poros big end conrod lebih jauh dari posisi kruk as.
  2. Dengan memasang pen stroker aftermarket, atau
  3. Dengan memasang kruk as utuh dari mesin motor lain (swap stroke/crankshaft).

 

stroke up dengan pen stroke
Metode dengan menggunakan pen stroke

 

Perubahan Signifikan

Khusus untuk ukuran pen stroke biasanya hanya ditulis Upping atau naiknya saja. Sebagai contoh, sebuah pen stroke up aftermarket diberi label 3 mm yang artinya langkah piston akan bertambah naik 3 mm dan juga akan lebih turun 3 mm. Sehingga total langkah naik dan turun menjadi 6 mm lebih panjang dari standar.

Contoh mesin mengalami stroke up (geser big end, pen stroke ataupun swap crankshaft) 3 mm adalah sebagai berikut :

Diketahui panjang langkah standar adalah 48,8 mm, kemudian stroke up sebesar 3 mm. Berarti (2×3 mm) + 48,8 adalah 54,8 mm (panjang total) yang dilambangkan t. Diameter piston adalah 31 mm (lambang r). 

 

Bagaimana Porting Polish Bisa Dongkrak Power Mesin? Pahami Dulu Artinya!

 

Dengan rumus penghitungan volume silinder

= π x r x r x t

= 3,14 x 31 x 31 x 54,8

= 165,36 dan dibulatkan menjadi 165 cc

Hasil stroke up yang hanya 3 mm, kapasitas mesin yang semula hanya 147,3 cc berubah menjadi 165 cc. Mantul, mantab betul!

 

Rumus Hitung Diameter Klep Ideal Agar Sesuai Kebutuhan Mesin

 

Di artikel selanjutnya, gue janji bakal bahas apa saja kelebihan dan kekurangan modifikasi stroke up mesin 4 tak.

Youtube Belipart