fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
penyebab aki soak
Edukasi

Penyebab Aki Soak Bisa Jadi Karena Beberapa Hal Ini

Aki tekor atau soak, pastinya menjadi hal yang menyebalkan untuk pengendara roda dua. Selain harus membuatnya gunakan kick starter, juga bisa membuat piranti nggak berfungsi. Seperti contohnya adalah bel nggak berbunyi atau beberapa komponen di speedometer nggak berfungsi normal. Bahkan bila hal tersebut nggak segera diatasi atau dipaksa terus berkendara, bisa menjadikan sistem kelistrikan motor matot alias mati total.

Itu artinya, potensi motor mogok atau tiba-tiba nggak mau hidup sangat terbuka lebar. Bagaimana sedih bukan kalau sampai dampak dari aki soak ini, sampai kalian rasakan. Apalagi jika sampai kondisi tersebut kalian rasakan ketika keadaan genting, tentu jadi hal sangat menyebalkan, yakan. Nah, biar kalian terhindar dari hal tadi, patut disimak nih penyebab aki soak berikut ini :

 

Umur Pakai Aki

Selain hal tadi, umur aki juga bisa menjadi penyebab kenapa benda penting di motor ini alami kerusakan. Hal tersebut bisa terjadi karena pada umumnya aki hanya mempunyai umur 3 atau 4 tahun saja. Lebih dari waktu tersebut, aki bakal mengalami penurunan fungsi secara drastis. Meski terkadang masih bisa diakali untuk menjadi tenaganya, namun bisa dikatakan kualitasnya jauh bila dibanding ketika pertama kali beli.

Baca juga : Starter Motor Tiba-tiba Mati, Cek Empat Komponen Ini!

Berkaca dari fakta tersebut, tentu sudah menjadi kewajiban untuk para pengendara rutin untuk melakukan perawatan. Atau syukur-syukur saat memiliki aki di motor sudah berusia lama menggantinya dengan baru. Kenapa begitu? Agar kejadian-kejadian nggak mengenakan yang tadi disinggung di awal nggak terjadi pada kalian.

 

Penggunaan Sehari-hari

Pernah nggak kalian mendengar, apabila motor sering digunakan, aki-nya akan jauh lebih awet daripada yang sering tinggal di garasi rumah? Dari penelusuran yang dilakukan penulis, ternyata diam-diam fakta tersebut memang benar adanya. Kejadian tersebut disebabkan oleh, prinsip charge dan discharge yang digunakan oleh aki.

Jadi, ketika motor gunakan maka saat itu akan lakukan pengisian daya aki, dan sebaliknya bila nggak sering dipakai bisa menyebabkan voltase berkurang. Penurunan itulah, yang menyebabkan motor juga harus rutin untuk digunakan. Namun seumpama nggak, lepas saja konektor akinya agar kendaraan tercinta lebih awet walaupun harus berdiam lama di garasi.

 

Aki Soak Karena Beban Berlebih

Seperti halnya makan terlalu banyak bisa membuat sakit, ternyata penambahan printilan (aksesoris) yang nggak sesuai spesifikasi (berlebihan) kepada motor juga sangat nggak baik. Apalagi yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kelistrikan, dampaknya bisa membuat element di aki alami kerusakan. Kalau sudah begini, siap-siap untuk  seger menyisihkan sejumlah uang lantaran harus membeli baru. 

Daya berlebih ini, kabarnya juga nggak pandang bulu dalam merusak benda tersebut. Maksudnya baik aki kering atau basah, dapat alami kerusakan karena penggunaan kelistrikan motor berlebihan. Jadi solusinya adalah, untuk kalian yang suka melakukan modifikasi atau menambah sesuatu di motor berhubungan dengan hal ini, sangat dianjurkan melakukan penambahan kapasitas daya aki.

 

Artikel Terkait : Perbedaan Aki Kering Dan Basah, Fungsi Tetap Sama

 

Aki Soak akibat Kiprok Bermasalah

kiprok atau regulator rusak

Rusaknya bagian ini masih ada hubungannya dengan penggunaan listrik secara berlebihan. Sehingga kerja kiprok alias regulator ini jadi nggak seimbang. Hal lain yang juga bisa menjadi pemicu kondisi tersebut adalah tentang permasalahan kiprok. Untuk kalian masih awam tentang bagian tersebut, kiprok merupakan suatu perangkat untuk mengatur pengisian aki. Nah bila sampai alami masalah, bisa dibayangkan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja aki itu sendiri.   

Maka dari itu, mengetahui kiprok rusak atau nggak sangatlah penting. Cara mendeteksinya adalah dengan menghidupkan mesin dan lampu utama, kemudian gas dengan kecepatan sekitar 4000 hingga 5000 RPM. Jika tegangan listrik kurang atau lebih dari 14 – 15 volt, maka bisa dipastikan kalau bagian penting di aki itu mengalami kerusakan.

Berkaca dari beberapa hal di ulasan tadi, sepertinya rajin-rajin melakukan kroscek kepada aki menjadi hal penting untuk jadikan benda tersebut awet. Jangan sampai akibat malas atau lalai, kendaraan kalian malah alami kerusakan.  

Beri Komentar

Youtube Belipart