Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
pola aus ban nggak rata
Umum

Penyebab Ban Nggak Rata Aus Sebelah Terjadi Karena Ini

Sejatinya ban memang harus sering-sering dicek kondisinya nih Sobat Bikers! Dan sebagai komponen fast moving, ban cukup rentan mengalami masalah, salah satunya adalah aus yang bikin ban nggak rata. Kondisi seperti ini sering dialami para pengendara motor. Tapi kalian tahu nggak sih apa penyebabnya? 

Beberapa masih menduga masalah ban motor yang nggak rata ini disebabkan karena kualitas ban yang jelek. Padahal sebenarnya ada faktor lain lho yang justru jadi penyebab utama ban jadi nggak rata. Apa saja? Baca disini sampai habis!

 

Sokbreker Bocor Bikin Ban Nggak Rata

shockbreaker bocor bikin ban habis nggak rata

Banyak yang nggak mengira bahwa ausnya sisi ban disebabkan karena kondisi sokbreker yang sudah usang. Shockbreaker yang sudah mengeras berefek pada ban motor untuk bekerja lebih keras menerima beban. Oleh sebab itu, wajib nih perhatikan kebersihan sokbreker biar nggak gampang rusak. Khususnya oli pada suspensi depan yang harus diisikan dengan takaran yang pas, nggak boleh berlebih atau malah kurang. Wajarnya oli sokbreker diisi volume sekitar 50cc. Kurang dari batas itu bikin bantingan jadi lebih keras.

 

Pengguna Matic Khawatir CVT Bermasalah Akibat Kemasukan Air Banjir

 

Namun masalah sokbreker sebenarnya akan lebih rentan dialami pengguna skutik. Sebab nggak kayak motor bebek, posisi sokbreker motor matic kebanyakan hanya ada di sisi kiri ban. Hal ini bikin sisi ban sebelah kanan pun lebih cepat aus. Selain sokbreker belakang, sok breker depan juga bisa jadi penyebabnya. Saat sokbreker depan motor nggak seimbang tekanan pada ban jadi berbeda sebelah yang ujungnya bikin stang jadi limbung. 

 

Gaya Berkendara Yang Salah

sejarah suzuki fxr 150 motor lawas performa mesin buas

Faktor pengendara yang sembarangan bisa bikin ban motor aus nggak merata. Contohnya pas ngebut dan ketemu belokan, pasti speed tiap belokan berbeda. Hal ini menyebabkan sisi ban satu dan lainnya mengalami aus yang nggak sama. Ditambah lagi panjang belokan juga akan sangat berpengaruh dalam “menggerus” permukaan karet ban. Intinya, kalau ban terlalu sering mengalami tekanan ke salah satu sisi maka tapak ban itu akan lebih cepat habis alias nggak rata lagi. 

 

Baca juga : Penyebab Aki Soak Bisa Jadi Karena Beberapa Hal Ini

 

Pemasangan Yang Kurang Tepat

setel rantai
Setting kelurusan roda yang salah juga merupakan penyebabnya

Penyebab lain yang bikin ban nggak rata adalah karena pemasangan ban belakang dan ban depan yang bikin alignment roda jadi nggak lurus. Oleh sebab itu, percayakan proses ganti dan pasang ban pada mekanik yang ahli. 

Youtube Belipart