fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
perawatan motor baru
Umum

Perawatan Motor Baru, Jangan Sepelekan Biar Makin Awet Sob!

Layaknya buah hati, motor kesayangan sudah sepatutnya dirawat dan dijaga sebaik mungkin. Apalagi buat motor baru, jangan mentang-mentang motor baru sobat bisa seenaknya melakukan perawatan. Jangan dikata motor baru sparepart juga masih gress bakal awet dan perawatan motor baru jadi nggak dipikirin. Justru, motor baru bakal lebih awet dan tahan lama jika diperlakukan sebaik mungkin semenjak motor tersebut digunakan. Nah biar motor baru Sobat Bikers lebih awet, yuk kenali apa saja perawatan bulanan yang harusnya kalian lakukan.

 

Perawatan Motor Baru Terpenting, Rutin Ganti Oli

mesin jebol kehabisan oli
ilustrasi : Turun Mesin Setelah Kehabisan Oli

Mengganti oli motor sebenarnya hal yang nggak boleh dilewatkan setiap bulannya. Apalagi motor baru, adaptasi tiap komponen mesin yang saling terhubung menghasilkan kotoran yang harus dibuang. Sobat nggak mau kan kalo pompa oli mampet gara-gara gram besi komponen motor kalian?

Nah, apabila komponen-komponen dalam mesin ini sering berkontak dengan udara yang mengandung air, maka karat pun akan cepat menyambangi motor kalian. Nggak percaya? Coba cek mesin motor kalian, pasti ada saluran hawa yang asalnya dari blok mesin menuju filter udara. Dengan kata lain penggantian oli adalah solusi perawatan yang cukup penting biar komponen dan mesin motor Sobat Bikers bisa awet.

Namun nggak sembarang oli yang bisa kalian gunakan untuk merawat motor, Sobat Bikers. Kalian bisa simak kembali mana oli yang paling cocok buat jenis motor kalian, bisa cek artikelnya disini.

Lalu, berapa biaya yang wajib kalian keluarkan untuk ganti oli bulanan? Jawaban tentu bergantung pada merk dan jenis oli yang digunakan, namun Sobat Bikers akan dikenakan biaya sekitar Rp 45 ribu untuk oli standar. Adapun oli yang memiliki kualitas di atas rata-rata harganya sekitar Rp 150 ribu per/liter. 

 

Cek Kondisi Mesin Motor Baru

service motor

Untuk mengetahui kondisi kendaraan bermotor biasanya para mekanik melakukan pemeriksaan kondisi mesin alias tune-up bagi motor kesayangan kalian. Apa saja yang akan diperiksa oleh mekanik dalam proses tune-up ini? Simak daftarnya berikut :

  • Tune-up bulanan akan mengecek kondisi ban motor, baik itu tekanan maupun kondisi kembangan ban.
  • Servis ini juga termasuk pengecekan rantai motor. Mekanik akan memastikan bahwa tegangan rantai dalam kondisi yang prima.
  • Tune-up biasanya mekanik melakukan pembersihan area karburator dan radiator. Area lain yang bisa turut dibersihkan adalah saringan udara. 
  • Pengecekan pada alat Engine Control Unit atau ECU dan CVT (untuk matic). 
  • Mekanik juga memastikan kondisi lampu motor (depan – belakang), lampu sign, dan bunyi klakson.

 

Kisaran biaya yang harus Sobat Bikers keluarkan untuk biaya pengecekan kurang lebih Rp 75 ribu diluar biaya penggantian sparepart.

Jadi, saat mekanik menemukan kerusakan pada salah satu komponen motor biasanya pihak bengkel akan memberitahu kalian dan menginformasikan berapa harga sparepart yang harus diganti supaya performa motor kalian selalu maksimal.

Kalau Sobat Bikers nggak mau ganti saat itu juga nggak apa-apa kok, siapa tahu saat tune-up bulanan dilakukan kalian sedang nggak mempunyai uang lebih. Kalian bisa memanfaatkan promo saat pembelian sparepart di belipart.com, baru kemudian mengganti sparepart yang rusak. 

V-Belt 54P-E7641-00 YGP

Yamaha Genuine Part : Mio J dan Soul GT 54P cashback 810 poin

 

Perawatan Sistem Rem Motor Baru

perawatan rem motor

Membahas lebih lanjut soal cek kondisi motor. Sobat Bikers pasti sepakat kalo rem motor merupakan salah satu komponen penting yang harus dijaga kondisinya. Memang, kalo bagian ini luput dari pengawasan, resiko rem blong semakin besar. Oleh karena itu pemeriksaan rutin kondisi rem wajib dilakukan. 

Gejala rem sudah mulai kurang optimal seperti kanvas rem atau disc pad sebenarnya bisa dirasakan. Apabila kampas rem sudah menipis ada baiknya sobat segera menggantinya. Harga kampas rem ini juga nggak terlalu mahal, kok. Untuk penggantian kampas rem cakram harganya kurang lebih Rp 45 ribu bahkan ada yang cuma Rp 15 ribu besutan merk STR. Cek video review discpad disini. Sedangkan kampas rem tromol bagian belakang harganya berkisar Rp 35 ribu.

Ke-awetan kampas rem tergantung pada gaya berkendara kalian, sob. Apabila Sobat Bikers setiap harinya cukup sering melakukan pengereman mendadak ataupun stop n go, maka bisa dipastikan interval penggantian kampas rem relatif lebih singkat. 

 

 

Penggantian Sparepart

komponen cvt bermasalah

Selain oli yang harus diganti tiap bulan, beberapa sparepart memang ditakdirkan nggak berusia lama, seperti roller dan V-belt. Apabila mekanik menyarankan kalian untuk mengganti roller saat melakukan servis bulanan, maka harga sparepart ini di pasaran ada di kisaran Rp 50 ribu itupun tergantung merk yang kalian pakai.

Adapun belt CVT harganya lebih mahal, biasanya ditawarkan mulai harga Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu. Nggak terlalu mahal sebenarnya, tapi kalau semua sparepart harus diganti dalam waktu bersamaan memang akan sangat terasa sekali efeknya buat kantong Sobat Bikers.

Nah, sudah tahu tahu kan perawatan apa saja yang harus kalian terapkan pada motor yang baru dibeli? Jangan lupa untuk rutin melakukan perawatan ya supaya motor baru kalian awet dan terjaga kondisinya!

Beri Komentar