fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
perbandingan motor honda yamaha suzuki
Komparasi

Perbandingan Motor Jepang, Teknologi Hingga Sparepart

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau pabrikan raksasa Jepang seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki adalah punggawa di Indonesia. Merek ini mengeluarkan banyak sekali varian sejak puluhan tahun yang lalu hingga sekarang. Kalau ada yang bertanya, “manakah diantaranya yang terbaik?”. Jawabannya simple, tentu nggak ada. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan yang memang menjadikan mereka sangat berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak perbandingan motor Honda, Yamaha, dan Suzuki di bawah ini.

 

Perbandingan Desain Motor

Perbandingan pertama yang bisa dilihat secara fisik adalah desain dari motor itu sendiri. Desain dari motor Honda biasanya sederhana dan nggak neko-neko. Dengan desain yang apa adanya ini, motor bisa digunakan oleh semua kalangan termasuk pria, wanita, anak muda, dan mereka yang sudah tua. Dengan desain ini permintaan di pasar nggak pernah sepi.

iklan yamaha valentino rossi

Agak berbeda dengan pabrikan satu ini, Yamaha lebih mengedepankan desain yang dimiliki agar terlihat stand out. Dengan desain unik ini target pasarnya dominan menyasar kalangan muda, penyuka olahraga atau hal yang berbau kecepatan. Memang sih, branding yang paling melekat dari mereka adalah soal balap, terlebih MotoGP. Nggak heran kalau Valentino Rossi dijadikan Brand Ambassador mereka.

Dan yang terakhir Suzuki memiliki desain yang lebih unik bahkan terkesan simple tapi nyeleneh. Bentuk desain ini akan tentunya menempatkan Suzuki di posisi berbeda untuk bersaing dengan Honda dalam memilih target pasar.

 

Teknologi Dan Fitur

Untuk masalah teknologi, Honda pernah mengalami kegagalan dalam berinovasi meski beberapa banyak yang berhasil. Kalau ada teknologi baru berhasil diciptakan, Honda dapat mengemasnya dengan baik dan pada akhirnya selalu unggul di pasaran. Padahal ya nggak gitu juga sob, hal tersebut karena sejarah masa lampau Honda dikenal mempunyai mesin yang bandel.

Berbeda dengan Honda, Yamaha mengedepankan orisinalitas dari mesin yang diciptakan dan teknologi lainnya. Karena ideologi inilah bahkan orang Jepang sendiri menganggap Yamaha jarang sekali “evolusi” dari segi teknologi mesin. Suzuki hampir sama dengan Honda dalam hal teknologi. Mereka suka mengembangkan hal baru meski nggak selalu berhasil.

 

Skutik Entry Level, Honda Yamaha Suzuki, Mana Yang Terbaik?

 

3. Perbandingan Selisih Harga Motor

Masalah harga jual dari produk, ketiganya memang punya beberapa perbedaan. Dengan model yang sama semisal matic dengan ukuran mesin tertentu, Honda yang memiliki harga cukup tinggi. Harga yang cukup tinggi ini bisa terjadi karena fitur yang ditawarkan lebih banyak dan permintaan pada kendaraan ini cukup tinggi.

Meski Honda lebih mahal, Suzuki dan Yamaha tetap memiliki pasar sendiri. Biasanya beberapa orang dengan dana terbatas akan lebih memilih Yamaha atau Suzuki. Kedua motor ini juga dipilih dari segi desain unik dan juga nyeleneh. Oh ya, untuk model tertentu harga dari motor Yamaha dan Suzuki juga bisa lebih mahal.

 

4. Suku Cadang

Pada pembahasan terakhir ini kita akan membicarakan suku cadang atau sparepart. Suku cadang dari tiga merek kendaraan ini ada beberapa jenis: pertama adalah yang orisinil atau genuine parts. Kedua ada jenis aftermarket yang memiliki merek sendiri.

Baca juga : (Adu Sparepart Murah) Honda, Yamaha, Suzuki, Siapakah Juaranya?

Untuk ketersediaan di pasaran, Honda adalah yang paling baik. Karena suku cadangnya sederhana dan nggak terlalu rumit, perusahaan suku cadang jenis aftermarket juga banyak memproduksinya. Jadi, Sobat Bikers nggak akan kebingungan saat mencarinya baik di toko fisik atau online. Apa pun jenis suku cadang yang ingin dibeli pastikan asli, ya. Kalau memilih produk aftermarket pilih yang berkualitas.

Inilah beberapa perbandingan antara motor Honda, Suzuki, dan Yamaha. Perbandingan di atas bisa saja mengalami perubahan kalau merek ini mengeluarkan motor terbaru. Jadi, mana motor favorit kalian, sob?

Beri Komentar