fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
perbedaan motor matic dan bebek
Komparasi

Perbedaan Motor Matic Dan Bebek, Harian Mending Mana?

Berdasarkan pengamatan secara pribadi, angka populasi sebaran motor berjenis matic rupanya makin mendominasi di jalan raya. Mulai dari ibu-ibu belanja ke pasar hingga abang-abang driver ojek online, kebanyakan dari mereka gunakan motor matic. Sedangkan jumlah pemakai moped alias bebek makin hari semakin jarang terlihat, terutama bebek entry level. Kira-kira kenapa sih kok pada suka sama matic? Emang apa yang menjadi perbedaan motor matic dan bebek?

 

Perbedaan Kemudahan Motor Matic Dan Bebek

Ya sudah jelas dong, perbedaan paling kontras kedua jenis motor tersebut terletak pada bodi. Kebanyakan dari populasi matic memiliki dimensi lebih kecil dibanding motor bebek. Hal ini lantas berpengaruh terhadap bobot kendaraan, sehingga kaum hawa cenderung memilih kendaraan roda dua bertransmisi otomatis tersebut lantaran handling yang relatif lebih mudah.

Pada motor bebek berarti pengendara harus mengoper gigi secara manual, sementara matic cukup tuas gas untuk menjalankan kendaraan. Hal ini disebabkan pada perbedaan sistem penggerak roda bernama Continuously Variable Transmission (CVT).

Perbedaan transmisi tersebut lantas membuat kedua motor memiliki kecenderungan lebih unggul di medan tertentu. Jika kalian menggunakan kendaraan untuk kepentingan transportasi sehari-hari serta rentan terjebak macet, maka matic lebih cocok digunakan. Selain itu, perjalanan di atas 10 km terasa lebih nyaman ditempuh dengan kuda besi ini.

Sementara untuk yang manual, kalian dapat mencapai torsi maksimal ketika melewati medan kurang bersahabat menggunakan jenis motor ini berkat perpindahan transmisi. Posisi berkendara pun terasa lebih pas saat menaklukkan perjalanan.

 

Perbedaan Konsumsi BBM

indikator bahan bakar bensin

Dari segi bahan bakar, motor manual menjadi juara dari jenis-jenis lain. Sebagai contoh, Vario Techno 125 dapat menempuh jarak sepanjang 52,1 km dengan satu liter bensin, sementara Honda Supra X 125 PGM-FI mencapai 56,1 km.

 

Baca juga : Modifikasi Manis Dengan 5 Aksesoris PNP Yamaha Nmax

 

Matic memakan konsumsi BBM lebih banyak dibanding motor manual lantaran perputaran transmisi terjadi secara otomatis, sehingga kerja mesin seperti dipaksakan. Berbeda dengan motor manual, jika tarikan terasa kurang, pengendara dapat menurunkan atau mengoper gigi untuk memperbesar torsi.

 

Untung Rugi Motor Matic dan Bebek

Lantaran menggunakan transmisi otomatis yang memanjakan pengendara dengan sisi praktis, motor jenis skuter matic ini sangat cocok digunakan oleh pemula. Di sisi lain, volume bagasi dan dek bisa dimanfaatkan untuk menampung barang bawaan lebih banyak. Sayangnya, kelebihan tersebut memerlukan perawatan harian yang nggak boleh sembarangan dan cukup menguras kantong. 

Pada motor bebek. Image ekonomis pun ditunjang oleh mudahnya menemukan onderdil dengan harga yang relatif murah. Jika mencari performa mesin bertenaga pada motor jenis ini, sejujurnya motor bebek lebih mudah dioprek. Bahkan dengan tipe transmisi manual miliknya, motor tipe ini lebih dapat diandalkan untuk melewati tanjakan.

Beri Komentar