Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tips & TrikUmum

Touring Asik Isi Liburan Natal & Tahun Baru, Prepare Dulu!

Untuk mengisi hari libur akan lebih bermakna jika melakukan touring ke beberapa tujuan wisata. Wisata alam seperti pegunungan dan pantai biasa menjadi tujuan perjalanan touring liburan Natal dan Tahun baru seperti saat ini. Meski menyenangkan, kalian perlu beberapa persiapan dan perencanaan yang matang. Salah satunya dari segi kesehatan hingga pemilihan waktu yang tepat untuk melintasi rute yang dilewati. Nah, biar lebih jelas, silahkan sobat simak sendiri di bawah ini!

 

Jaga Kesehatan Hendak Touring Liburan 

cek kesehatan pemudik

Pentingnya kondisi badan yang sehat dan bugar tentu saja menjadi faktor utama agar perjalanan makin aman. Akan sangat berbahaya jika memaksakan badan yang kurang sehat untuk berkendara. Keselamatan diri maupun orang lain akan terancam. Pastikan Sobat Bikers menjaga pola makan serta gaya hidup sehat dengan diimbangi pola istirahat yang cukup agar touring liburan kalian nggak menemui hambatan.

 

Cek Kondisi Motor Ke Bengkel

servis sebelum mudik

Sebelum sang kuda besi bekerja keras menempuh perjalanan yang panjang dan jauh, melakukan pengecekan kondisi motor dapat menunjang keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan. Dalam hal ini, kalian bisa melakukan servis ringan dan ganti oli di bengkel pilihan kalian. Nah, biasanya pada musim seperti ini banyak bengkel yang mengadakan promo, terlebih lagi bengkel resmi. Hal ini akan menguntungkan buat kalian pastinya. Tapi pastikan sang mekanik memeriksa kondisi ban, rantai, kanvas rem dan kelengkapan instrumen motor sebelum digunakan. Hal ini akan lebih baik daripada harus mengalami kendala di tengah perjalanan ke destinasi touring.

 

5 Destinasi Touring Terfavorit Bikers Sekitar Jakarta, Pernah Kesini?

 

Mengatur Logistik Dan Barang Bawaan

Semua persiapan motor sudah beres. Tentu logistik sangat berguna sekali dalam perjalanan bahkan nanti setelah tiba di tujuan. Oleh karena itu kalian juga harus mempersiapkan logistik biar nggak ribet bawa barang-barang dalam perjalanan. Tapi jangan sampai motor kalian terlalu banyak membawa muatan, sebab hal itu justru membahayakan diri sendiri karena bisa bikin motor jadi nggak stabil. Hindari barang bawaan terlalu banyak, dan sebisa mungkin pisahkan barang-barang yang berharga ke dalam tas (tenteng) yang bisa kalian bawa kemana-mana. Hal ini bertujuan agar barang-barang berharga kalian selalu dalam pengawasan meskipun saat sedang istirahat.

box motor buat touring liburan

Cara lainnya yang lebih aman untuk membawa logistik kalian, yaitu memasang boks tambahan. Kalian dapat menggunakan boks sesuai kapasitas yang diperlukan, tersedia berbagai merk box motor dengan pilihan harga dan model.  

 

Pemilihan Waktu Yang Tepat

Dasarnya apakah kalian sudah benar-benar hafal dengan rute (daerah mana saja) yang akan dilewati? Kalo belum, sebaiknya dipelajari dahulu dan lakukan perjalanan pada siang hari. Sebab saat musim liburan panjang seperti Natal dan Tahun Baru seperti ini, jalur utama biasanya akan diputar melewati jalur alternatif untuk memecah kemacetan (jika terjadi). Saat malam kemungkinan tersesat sangat besar dan mempersulit sobat untuk bertanya. 

Untuk menjelajah jalur alternatif bisa manfaatkan aplikasi GPS, dimana arah dan jarak bisa diketahui secara akurat. Tapi pastikan juga kuota internet kalian tersedia ya sob! Pertimbangan lain, bila jarak tempuhnya mencapai lebih dari 10 jam sebaiknya perjalanan dimulai subuh. Istirahat di pagi hari dan diteruskan sampai tengah hari dan istirahat lagi. Hal lain yang perlu diingat, arah perjalanan. Bila meluncur ke arah timur sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit  sampai matahari terbit dilanjutkan bila matahari sudah tinggi sekitar pukul 9 pagi. Sinar matahari yang terus-menerus menerpa mata dengan kuat akan menyebabkan mata lelah.

Sama halnya bila harus ke barat di sore hari, berhentilah 2 jam sebelum matahari terbenam. Sinar matahari yang kuat di sore hari bisa menyebabkan mata sakit. Tetap yang teraman adalah perjalanan siang hari, tapi jangan paksakan bila kondisi fisik kurang memungkinkan.

Youtube Belipart