fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
rantai motor sering kendor
Tips & Trik

Rantai Motor Kendor Bikin Bete! Ini Sebab Dan Solusinya

Pemakaian sehari-hari memang nggak bisa dipungkiri bikin performa motor kian menurun kalo sobat nggak rutin merawatnya. Seperti halnya umur komponen yang makin menurun sejak pertama kali beli bikin rantai motor jadi kendor. Oleh karena itu, Sobat Bikers perlu melakukan servis motor secara berkala. Lalu, apa penyebab rantai motor kendor? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, begini penjelasan lebih lanjut tentang masalah rantai motor dan solusi untuk mengatasinya. 

 

Penyebab Rantai Motor Kendor

Kendornya rantai motor bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. 

  • Muatan Yang Berlebih

motor kelebihan muatan di bromo

Kelebihan muatan bisa jadi penyebab utama masalah rantai motor cepat kendor. Hal ini membuat rantai “tersiksa” dengan menarik beban lebih kuat dan membuat jarak antar sambungan rantai jadi oblak. Beban motor yang melebihi rekomendasi yang seharusnya membuat beban kerja rantai jadi bertambah.

  • Medan Jalan Yang Nggak Mulus

Medan jalan yang nggak mulus juga bisa jadi pembuat onar rantai motor sering kendor. Medan berat yang harus dilalui, bikin swing arm sering bergerak dan rantai motor pun tersentak-sentak. Jika terus begini dalam jangka waktu yang lama, rantai pun bakal cepat kendor.

  • Suhu dan Kotoran Di Rantai

Semprotan dari genangan air hujan bercampur lumpur yang menggenang di jalan raya pada rantai membuat kotoran pada rantai makin numpuk. Hal inilah yang bikin grease di rantai cepat berkurang atau bahkan hilang. Grease atau gemuk berfungsi untuk menjaga suhu rantai tetap stabil dan sebagai pelumas dari gesekan sambungan rantai. Jika grease tidak ada, rantai jadi cepat panas dan mengendur saat dingin.

  • Gaya Riding Agresif

Ini nih, kebiasaan betot gas dadakan yang juga sering menjadi penyebab rantai motor cepat kendor. Selain itu, jika sering melakukan kebiasaan berkendara stop and go, hentakan demi hentakan pada rantai terus terjadi alhasil rantai motor harus bekerja ekstra keras.

 

Solusi Rantai Kendor, Bisa Dilakukan di Rumah

  • Mengganti Gearset / Chainkit (Satu set)
Gear Set + Rantai 428H - 108 Supra X 125 Helm In STR

Solusi rantai motor kendor pertama yang paling ampuh yaitu dengan mengganti gear set dengan spesifikasi dan ukuran yang tepat. Ukuran gearset umumnya 14-39 (14 mata gear bagian depan + 38 mata gear bagian belakang) dengan ketebalan rantai 428H. Gunakan perbandingan rasio yang lebih ringan alias gear belakang yang lebih besar untuk pemakaian di daerah pegunungan. Selain akselerasi juga makin mantap, konsumsi bensin juga makin irit. 

  • Jaga Kebersihan Motor

Untuk mencegah rantai motor sering kendor adalah rajin membersihkan kotoran dan lumpur/tanah yang menumpuk di rantai. Agar kinerja mesin nggak terlalu berat dan motor pun terlihat selalu lebih bersih. 

  • Pasang Tensioner 

Memasang tensioner rantai bisa jadi solusi tepat dan yang paling simpel untuk dilakukan. Cukup buka aplikasi belipart, lalu pilih warna terus langsung order. Tensioner rantai ini berfungsi untuk menjaga kekencangan rantai biar nggak gampang (kendor-kencang) saat digunakan.

  • Menggunakan Pelumas Rantai Khusus

Pencegahan kendornya rantai motor bisa dengan rutin melumasi bagian rantai dengan pelumas khusus rantai. Sangat tidak dianjurkan pakai oli bekas. Cara ini berfungsi agar rantai motor nggak cepat aus dan awet.

Gimana Sobat Bikers, dapat pencerahan kan untuk mengatasi masalah rantai motor kalian? 

Beri Komentar

Youtube Belipart