Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
remote keyless smartkey basah terkena air kehujanan apakah bakal rusak
EdukasiTips & Trik

Remote Keyless Terkena Air Hujan, Bakal Bermasalah?

Belakangan teknologi kunci keyless alias smartkey banyak digunakan para pabrikan otomotif, mulai dari jajaran motor entry-level hingga yang flagship. Dengan smartkey ini, pengguna bakal lebih dimudahkan saat mengendarai motor. Fitur keyless saat ini tengah digandrungi banyak biker. Selain terlihat canggih, fitur ini juga punya sistem keamanan yang lebih sulit untuk dibobol maling. Sebab sistem ini terintegrasi modul ICU dengan memanfaatkan gelombang transmitter seperti RFID. Tapi disisi lain, teknologi yang tertanam pada remote ini menimbulkan beberapa kegelisahan saat remote keyless atau smartkey ini terkena air atau bahkan kebanjiran. Kira-kira bakal rusak nggak ya kalo remote ini kehujanan? Baca sampai abis ya!

 

Elektronik Dalam Remote Keyless Terkena Air, Apakah Rusak?

keyless motor

Teknologi keyless pada sepeda motor berfungsi untuk menghidupkan mesin dan immobilizer pada motor. Dengan adanya sistem keyless, proses menghidupkan motor menjadi lebih simple sebab kalian cuma kentongi remote, kemudian putar kenop ke on dan motor bisa distarter.

Elektronik pada sistem keyless terdapat komponen penting yang punya peran krusial yaitu Smart Control Unit atau SCU, fungsinya untuk menerima sinyal dari remote keyless. SCU berfungsi untuk membaca sinyal digital dari remote keyless yang kemudian dikirimkan ke Electronic Control Module (ECM) atau Engine Control Unit (ECU). Tanpa SCU, remote keyless kalian enggak akan bisa membuka bahkan menyalakan motor.

Lalu pas musim hujan seperti ini, apakah remote keyless bakal tetap aman kalau terkena air hujan? Apalagi di dalam remote keyless tersebut terdapat transmitter untuk menghubungkan ke SCU motor.

 

Artikel terkait : Kunci Keyless Hilang, Jangan Panik! Ini Detail Lengkapnya

 

Jadi gini bro, kalau remote terkena air hanya sekedar kehujanan sebentar sih sebenarnya nggak jadi masalah, karena sejatinya pabrikan sudah memperhitungkan hal ini dan air nggak akan masuk ke dalam remote. Kan ada covernya juga, sob.

 

Solusi Jika Remote Error Terkena Air

bongkar remote keyless
Bongkar remote keyless memastikan nggak ada air yang masuk

Tapi beda persoalan kalau sudah terendam air misalnya remote keyless tersebut jatuh ke kubangan air, bakal ada potensi air masuk ke dalam remote yang bisa bikin rusak. Solusinya, kalian bisa pakai remote keyless cadangan. Kalau nggak ada remote cadangannya bisa beli di dealer untuk unit remotenya saja. Ketika beli remote keyless kalian nggak harus khawatir remote keyless tersebut bisa digunakan untuk beberapa sepeda motor.

 

Baca juga : Berbagai Sistem Keamanan Motor, Apakah Benar Aman?

 

Dengan remote keyless yang baru dan belum pernah dipakai, remote tersebut bisa dipakai ke semua motor yang tipe remotenya sama. Dan sebaliknya, kalau remotenya sudah pernah dipakai ke satu motor, maka hanya bisa digunakan oleh motor itu saja. Sebab remote tersebut punya kode sendiri yang bisa dicocokkan dengan modul keyless-nya.

Dan solusi kedua, paling murah versi anak kos. Caranya, kalian rendam remotenya ke dalam beras dan tunggu beberapa jam biar air dalam remote bisa diserap. Gue yakin sih, beberapa orang sebenarnya udah tau tips yang satu ini. Terlebih kalian yang pernah smartphone-nya terkena air.

Youtube Belipart