fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
review shockbreaker Nmax termurah
Review

Review Shockbreaker Nmax Termurah, Kok Malah Nge-Jedug?

Setelah iseng cari-cari shockbreaker paling murah buat Yamaha Nmax akhirnya ketemu jodoh sama merk Nicetect alias NTC. Brand asal Fujian China ini memang agak asing terdengar di telinga. Karena alasan itu lah rasa penasaran ingin nyobain produk besutan NTC ini makin bergejolak. Walaupun sebenarnya merasa pesimis akan performanya yang biasa saja. Setidaknya sokbreker ini terasa empuk nggak keras kayak suspensi bawaan. Udah penasaran pengen tau gimana rasanya nyobain shockbreaker Nmax Termurah ini? Simak ulasannya di bawah ini sob!

 

Desain Mewah Di Shockbreaker Nmax Termurah

shockbreaker tabung

Bisa dibilang sokbreker ini punya tampilan yang nggak malu-maluin, nggak kalah sporty look berkat tambahan tabung shock di bagian bawah. Hanya saja peletakan tabung suspensi bagian bawah ini rasanya kurang pas jika dibandingkan dengan tabung atas. Namun tetap saja kesan kaki-kaki yang kokoh pun makin terlihat dengan diameter ulir pernya yang lebih besar. Cocok dengan velg dan ban gambotnya. Detail kecil nggak terlihat berantakan, hampir semuanya rapih khas pengerjaan mesin CNC.

 

Impresi Saat Uji Jalan

review sokbreaker yamaha nmax

FYI, Gua sebagai test rider punya berat badan 56 Kg dengan tinggi sekitar 168 cm. Sebelum melakukan uji jalan, sengaja shockbreaker nggak diotak-atik sama sekali. Hal ini perlu dilakukan agar dapat diketahui ke-efektif-an setelan tersebut. Namun di running test selanjutnya akan Gua tes dengan penyesuaian setelan preload-nya.

Saat test jalan pertama, impresi dari pemakaian suspensi ini yakni redaman yang empuk buat rider berbobot 56 kilogram di jalanan konblok dengan speed diatas 30 Kmpj. Ini berkat penggunaan sistem per progresif, yaitu per dengan jarak yang rapat dan renggang. Jadi, saat menerima beban ringan, per dengan gap lebih rapat-lah yang bekerja lebih dulu.

Dan saat beban yang diterima semakin berat, maka per yang renggang baru akan bekerja. Namun dalam pengetesan kali ini berjalan nggak selalu mulus. Ditemui beberapa kelemahan, bodi Nmax goyang saat melibas tikungan secara hi-speed diatas 60 Kmpj. Wajar terjadi bila setelan preload dibiarkan tanpa penyesuaian, konsekuensi tersebut harus diterima. Apalagi absennya fitur setelan rebound yang memang tak ada pada shockbreaker NTC satu ini.

Goyang saat menikung
Masih Stabil Saat Menikung Dengan Kecepatan <50Kmpj

Shockbreaker sering mentok atau ngejedug jika digunakan berboncengan (bobot boncenger + 70 Kg) tanpa setting preload terlebih dulu. Penyebab utama adalah kekerasan per yang belum diatur membuat sokbreker auto ambles meski diposisi diam. Dan yang kedua, ini karena travel suspension atau “jarak main redaman” yang relatif pendek, hanya sekitar 60 milimeter-an. Berbeda selisih yang cukup jauh dibanding shockbreaker standar NMax yang mencapai 80 mm.

Pada Running Test kedua, setelan preload telah disesuaikan dengan bobot test rider sekaligus boncenger. Dengan sedikit penyesuaian settingan preload ini aja, efek yang didapat lumayan bagus. Gejala ngejedug atau mentok udah hilang sama sekali meski butuh setting lebih keras saat posisi boncengan. Handling motor saat menikung juga lebih baik dan stabil dengan sedikit gejala goyang saat digeber sedikit lebih kenceng.

 

Kesimpulan Hasil Review

Hasilnya, suspensi sebenarnya cukup nyaman, dengan ayunan yang tidak terlalu keras (setelan preload telah disesuaikan). Sebaiknya kalian setting preload terlebih dulu biar sokbreker nggak mentok. Namun begitu, suspensi masih bekerja dengan sangat baik, dan saat motor melakukan cornering atau ‘rebah’, motor tetap stabil. Saat melintasi jalan rusak, dan sedikit berlubang, suspensi ini memang masih meredam getaran dengan baik. Hanya saja rebound suspensi terasa masih agak cepat. Masalah tersebut akan terasi jika sokbreaker NTC ini dilengkapi rebound adjuster. Sebagai informasi, Shockbreaker Nmax termurah ini bisa kalian dapatkan disini dengan banderol dibawah 500 ribu.

Beri Komentar

Video Belipart