Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
honda tiger 2000
Umum

Honda Tiger Dan Kisah Legendarisnya Yang Masih Tersisa

Honda Tiger adalah salah satu motor pabrikan Honda yang pernah mendulang kesuksesan di tanah air. Sejak kemunculannya di tahun 1993 silam, generasi Honda GL series ini seketika memikat hati yang melihatnya. Siapa yang nggak jatuh cinta sama si “macan” ini, salah satu motor sport pertama dengan bodi plastik bermesin 200cc di Indonesia. Dan dengan itu Honda sangat percaya diri mengeluarkan motor 4 tak dengan kapasitas engine terbesar saat itu. 

Engine Honda Tiger ini sebenarnya berbasis pada engine GL Pro Neotech yang tangguh. Disisi lain, dengan kapasitas mesin yang besar mengakibatkan harga si”macan” ini menjadi yang termahal pada masanya. Bayangkan saja, ketika itu harga yang masih menggunakan velg jeruji dijual 18 jutaan. Sedangkan yang sudah velg racing hampir 22 jutaan.

Alasan yang membuat motor ini sampai langgeng 2 dekade setelah diproduksi dan memiliki 20.000 klub penggemar adalah keistimewaan dan ketangguhannya yang nggak ditemui pada motor lainnya. 

 

Honda Tiger Dan Pesona 3 Generasi Yang Berbeda

Selama dua dekade sejak pertama kali diproduksi, motor ini memiliki banyak sekali varian. Pada generasi pertama, diperkenalkan dengan model Honda Tiger Super Cruiser dan versi terbarunya New Super Cruiser. 

 

Generasi Pertama Honda Tiger 2000

Pertama kali muncul dengan nama Honda Tiger 2000 pada tahun 1993 sampai dengan tahun 2006. Generasi Honda Tiger 2000 ini terbagi dalam dua periode. Super Cruiser dan New Super Cruiser.

 

Tiger 2000 Super Cruiser

tilam honda tiger 2000 pertama

Seri ini merupakan sosok yang pertama kali muncul dengan mengusung desain ciri khas Honda saat itu, Neo-klasik. Honda Tiger 2000 Super Cruiser ini memiliki perbedaan dengan desain Honda GL Max maupun GL Pro yang kaku dengan “kotak”-nya. Muncul pada tahun 1993 dengan kode produksi GL-200 sampai dengan tahun 2002, Honda Tiger seri pertama ini memiliki lebih banyak lengkungan pada bodi. Sehingga kesan elegan pada motor ini terlihat jelas.

Seri pertama ini juga sudah memiliki shroud (tameng angin) pada bagian depan-bawah tangki bahan bakar. Pada awal kemunculannya hingga tahun 1997 hanya terdapat versi velg jari-jari, baru pada tahun 1998 terdapat pilihan velg racing (cast wheel) berpalang 6.

Tiger 2000 New Super Cruiser

Model New Super Cruiser satu ini memiliki kode produksi GL-200S yang dari segi desainnya nggak berubah drastis. Lampu depan kini menggunakan reflektor diamond cut. Indikator speedometer dan tachometer berubah menjadi warna orange dengan dasar kelabu. Handle bar atau behel yang semula terpisah menjadi satu. Sedangkan lampu belakang dan lampu rem kini menggunakan 2 bohlam sejajar secara horizontal.

 

Generasi Kedua Honda Tiger Revo

tiger revo tirev pertama 2006

TiRev mulai menjajal pasar pada tahun 2006 dengan perombakan total pada segi tampilan dan sedikit update di bagian engine. Desain body pada generasi ini menjadi lebih runcing dibagian depan dan belakang. Desain headlamp ditambahkan mini visor diatas lampu depan. Bagian tangki pun mengalami perubahan bentuk, mengikuti perubahan desain keseluruhan. Shroud atau tameng angin menjadi lebih besar dan runcing dari sebelumnya. 

Selain perubahan desain, si”macan” ini mengalami perubahan shockbreaker belakang untuk versi CW, yaitu penambahan reservoir oli. Sedangkan untuk versi jari-jari nggak ada. Soal engine, terdapat penambahan Secondary Air Supply System (SASS). Yang ini memiliki dua varian, varian velg jari jari (GL-200D) dan velg racing (GL-200R). 

 

Generasi Ketiga New Revolution Cruiser

Melanjutkan langkah dari generasi sebelumnya, New TiRev mengalami tiga kali update wajah.

 

Honda New Tiger Revo 2008

honda tiger picek

Kali ini Tirev mengalami perubahan pada headlamp, panel meter, shroud, tail light, dan muffler heat protector. Mengusung asymetric headlamp, lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi, desain depan total membuatnya berubah. Inilah sebab keluaran tahun 2008 juga disebut Tiger “Picek”. Bagian shroud kini menjadi sedikit lebih futuristik dari sebelumnya. Honda Tiger periode ini memiliki kode produksi GL-200R1.

New Tiger Revolution 2010

Sedikit mendapat update pabrikan, Honda Tiger 2010 memiliki kode produksi GL-200R1 untuk asymetric headlamp dan GL-200RA1 untuk single headlamp. Jadi varian Tiger 2010 ini makin banyak, ada yang “picek” dan ada yang nggak. Sedangkan untuk perubahan desain, pada periode 2010 nggak ada jika dibanding model sebelumnya. Namun pilihan warnanya menjadi lebih banyak.

Honda New Tiger 2012

honda new tiger revolution 2012

Seakan rutin tiap 2 tahun sekali Honda melakukan minor refresh. Dan pada periode ketiga ini, TiRev hanya berubah disektor variasi warna dan striping. Variasi warna dan striping ini menggambarkan penghormatan, kepercayaan, kesetian dan persatuan komunitas pemilik Honda Tiger yang berjumlah 200 komunitas dengan 20.000 anggota. 

Model 2012 ini hanya ada satu varian untuk headlamp-nya, yakni single headlamp. Periode 2012 merupakan generasi  terakhir yang pada 2013 sudah dihentikan produksinya.

Youtube Belipart