Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
skutik murah aprilia SXR 160
Umum

Skutik Murah Aprilia SXR 160, Bakal Jadi Idola Nggak Nih?

Terdengar kabar yang berhembus, Aprilia memperkenalkan line up skuter terbarunya, yakni SXR 160 untuk melenggang di India Auto Expo 2020. Skuter matic ini dipajang berdampingan dengan Vespa Elettrica, skuter listrik pertama besutan merk Italia ini. Nantinya big scooter Aprilia berbodi gambot ini diproduksi di pabrik Baramati milik Piaggio di Maharashtra, India. Sesuai judulnya, ini merupakan salah satu jajaran skutik gambot dengan banderol yang lumayan murah! Tapi jangan girang dulu, tolong dibaca sampai habis, ya!

Namanya juga masih diperkenalkan ya, sob. Unit kece ini belum bisa dibeli, apalagi untuk pasar Tanah Air. Rencananya, skutik gaya khas Benua Biru ini resmi rilis ke publik pada pertengahan 2020. Dan baru akan didistribusi pada semester ke tiga tahun ini. Tentu saja, hanya dijual di India, tanpa ada keterangan lebih lanjut apakah nantinya skutik ini bakal masuk Indonesia.

 

Pengembangan Konsep Aprilia SXR 160

Aprilia menghabiskan waktu cukup lama untuk mendesain dan mengembangkan konsep awal SXR ini di Italia. Hingga akhirnya di tahun ke-2, bentuk real dari konsep tersebut telah rampung dan dipersiapkan untuk mengaspal di India. Jadi nggak usah heran kalau tampangnya “blasteran” Italia dengan hidung mancung. Tampak jelas pada guratan bodi, lekuk-lekuk kaku tertera di tiap panelnya. Dan tentu saja, ukurannya yang lumayan besar.

headlamp aprilia sxr 160

Tema konsep awal skutik ini adalah sebuah CrossMax, yang mana kombinasi antara tangguh dan elegan. Coba lihat bagian depan yang terlihat padat, pemasangan lampu model kotak sipit membuatnya terlihat elegan. Lalu dipermanis dengan tarikan garis DRL plus LED headlight. Sementara mika stoplamp dibuat senada dengan area fascia, berbentuk menajam, lengkap dengan garis LED menyiku dengan sudut tajam. 

Desain lampu belakang senada dengan area fascia

 

Baca juga : Kalo Dipaksa Memilih, Beli Lampu Halogen Atau LED?

 

Skutik Murah, Bisa Apa?

mesin skutik murah aprilia sxr 160

Skutik ini menggendong mesin silinder tunggal berkapasitas 160cc dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Meski minim sekali info lengkap mengenai spek mesinnya, skutik berkapasitas mesin 160cc ini menawarkan power maksimal sebesar 10,8 Hp pada 7.600 rpm serta besaran torsi sekitar 11 Nm pada 6.000 rpm.

 

Baca juga : Motor Sport Murah 200cc Bakal Rilis Secepatnya!

 

Di sektor kaki-kaki, SXR160 ini berpijak pada velg 12 inci dengan kelir dual-tone hitam dan abu-abu yang menambah kesan sporty. Dipadukan dengan suspensi model teleskopik, dan bagian belakang menggunakan monoshock. Lebih sangarnya lagi, suspensi tunggal tersebut dipasangnya di sebelah kiri.

Untuk urusan sistem pengereman, Aprilia menggunakan konfigurasi pada skutik biasanya. Rem model cakram di bagian depan dan tromol di belakang, sensor ABS hanya ada satu channel di depan. Fitur lainnya seperti instrumen layar full digital yang bisa saling terkoneksi dengan gadget membuatnya makin menggoda.

Aprilia juga menawarkan 4 pilihan warna untuk SXR 160 yakni merah, biru, putih dan hitam. Doi dipasangi banderol sekitar Rs 1 lakh atau setara Rp 19,2 juta aja sob, jauh lebih murah dari Yamaha Nmax.  Dengan meluncurnya skutik murah ini, Aprilia berharap bisa membangun segmen baru yang lebih luas. Terlebih lagi untuk pasar skutik Tanah Air.

Youtube Belipart