Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
sejarah suzuki fxr 150 motor lawas performa mesin buas
Umum

Suzuki FXR 150, Motor Sport Lawas Performa Buas!!

Kalau bahas soal motor sport fairing 150cc pabrikan Jepang masa kini, sudah jelas yang paling mudah diingat adalah Yamaha R15, Honda CBR 150 atau bahkan Suzuki GSX-R150. Hampir ketiga raksasa pabrikan motor Jepang ini punya andalannya masing-masing. Tapi yang menarik bukan motor sport mainstream saat ini, sob. Justru magnet untuk kita bahas kali ini adalah sang legenda motor sport 150cc jaman Son Goku masih kecil yang mungkin dulu masih jadi tontonan favorit. Dialah Suzuki FXR 150, dengan segala kerendahan hati dan kemampuan mesin yang sangat mumpuni. Sekedar bocoran, power All New R15 saja nggak lebih besar dari FXR 150 ini, sob! Penasaran kan seperti apa racikan mesin motor sport Suzuki satu ini? Simak detailnya di bawah ini!

 

Munculnya Suzuki FXR 150

suzuki fxr 150

Kayak pepatah, tak kenal maka tak sayang, alangkah baiknya kalau kenalan dulu sama doi. Pertama kali Suzuki FXR 150 ini resmi dirilis ternyata nggak di Indonesia loh, tapi di Malaysia oleh Lion Suzuki Motor Sdn,Bhd. Suzuki kemudian mulai mendistribusikan ke berbagai negara, di regional Asia-Pasifik, Amerika Selatan, hingga diimpor dan berhasil mengaspal di Tanah Air oleh Indomobil Suzuki International pada tahun 2000. Padahal, FXR gen pertama lahir tahun 1997 dengan modelnya yang eksotis ala-ala superbike.

Dengan livery Telefonica Suzuki MotoGP Replica

Kalau dilihat secara keseluruhan memang khas sekali motor kencang, dari depan, samping sampai belakang. Proporsi juga terbilang pas, jarak sumbu roda yang panjang dengan postur yang nggak begitu jangkung. Dan yang bikin Suzuki FXR 150 ini kelihatan sport bike tulen adalah sasis Twinspar alumunium dan banana swing arm-nya, bos. Mantab nggak tuh? CBR 150 aja belum punya.

Meski keren, populasi motor ini memang jarang terlihat mata. Mungkin karena faktor krisis moneter, jumlah unit yang masuk ke Indonesia juga nggak terlalu banyak.

 

Spesifikasi Mesin

Nah, yang paling menarik nih. Namanya juga sport bike, harus kenceng dong ya. Kalau menilik dari sektor dapur pacunya, mesin 150cc ini memang gahar. Berbekal teknologi unik yaitu Suzuki Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC) bikin mesin DOHC 4 katup ini punya nilai super plus. Teknologi ini mempunyai desain porting dan ruang bakar khusus agar pembakaran lebih padat dan merata. Dan sejarahnya dulu pernah diterapkan pada mesin Suzuki GS1100 yang sukses bikin Honda CBX1047 6 silinder tersebut keteteran.

mesin suzuki fxr 150
Mesin mempunyai kemiripan dengan Satria F 150

Mesin dengan karburator berventuri 29 mm ini punya keluaran power sebesar 20 HP dengan bobot yang hanya 118 Kg. Ditambah lagi Suzuki membenamkan Suzuki Advance Cooling System (SACS) beserta oil coolernya pada bongkah mesin yang mirip punya Satria F ini. Pantas belum pernah ada (mungkin) keluhan soal suhu mesin bermasalah pada motor ini. Padahal nih, limit RPM Suzuki FXR 150 ini menyenggol angka 13 ribu, edan. Sekedar informasi, dengan raungan RPM setinggi ini Suzuki memasangkan rantai keteng 3 lapis, seperti punya GSX R150.

Di sisi transfer daya, motor sport satu ini mengadopsi teknologi mirip Slipper Clutch YZF-R15 agar perpindahan gear 6 speed-nya lebih mulus. Suzuki Advance Power Engagement Clutch System alias SAPECS. Wah, ternyata doi sudah pakai Slipper Clutch yang lebih daru satu dekade kemudian baru populer. Benar-benar paket lengkap!!!

Cuy, udah ada niatan mau berburu bekasan Suzuki FXR 150 ini?

Youtube Belipart