Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
tips aman dari pencurian motor
Tips & Trik

6 Tips Amankan Dari Pencurian Motor, Dijamin Anti Maling!

Tahun 2015, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kasus pencurian motor alias maling motor mencapai 38 ribu kejadian. Maling motor melakukan aksinya di mana saja bahkan pada waktu yang nggak disangka-sangka. Oleh karena itu, Sobat Bikers perlu melakukan antisipasi terhadap maling dengan menambahkan sistem keamanan motor. Ada beberapa tips pencegahan yang bisa dilakukan untuk meminimalkan resiko pencurian motor. Simak dibawah ini, sob!

 

1. Cegah Pencurian Motor Dengan Kunci Stang

jebol kunci stang motor

Tips pertama yang harus selalu kalian praktekkan saat memarkir motor adalah selalu gunakan kunci stang. Fitur yang satu ini sengaja disediakan oleh pabrikan motor sebagai sarana pengaman kendaraan. Khusus untuk beberapa motor matic, gunakan kunci stang dengan memutar kemudi ke arah kanan. Mengunci stang dengan mengarahkan kemudi ke kanan membuat maling kesulitan kalau ingin memasukkan kunci T ke lubang kunci.

 

2. Gunakan Kunci Pengaman Tambahan

gembok motor

Pemakaian sistem keamanan ekstra juga bisa menjadi langkah mengamankan motor dari tangan maling. Misalnya, alarm motor, gembok, rantai atau bahkan sensor anti maling. Kalau kalian lebih memilih gembok, pastikan kunci gembok yang berkualitas dengan warna yang nggak terlalu mencolok sehingga sulit untuk diketahui keberadaannya.

Sobat bisa memasang kunci gembok pada piringan cakram, rantai, bahkan ada pula motor yang memiliki lubang pada standar tengah yang memang disediakan untuk pemasangan kunci gembok.

 

Baca juga : Berbagai Sistem Keamanan Motor, Apakah Benar Aman?

 

3. Melepas Fuse dari Aki Gagalkan Pencurian Motor

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah dengan mematikan sistem kelistrikan motor. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pada motor sport, kalian bisa memilih untuk melepas fuse atau sekring aki motor yang dipasang di area yang mudah dijangkau. Tanpa adanya fuse, sistem kelistrikan motor bakal lumpuh secara total.

 

4. Pasang GPS Tracker

melacak motor yang dicuri maling dengan gps tracker

Memasang GPS tracker juga dapat menjadi langkah antisipasi pengamanan motor dari tangan maling selanjutnya. Dengan adanya GPS tracker, jadi lebih mudah melacak keberadaan motor dari mana saja. Dan pada pelacak GPS tertentu, terdapat fitur immobilizer yang bisa mematikan mesin dari jarak jauh.

 

Artikelnya pernah tayang disini : GPS Tracker Pasang Di Motor, Manfaat dan Kelebihannya

 

5. Manfaatkan Side Stand Switch

Motor matic keluaran terbaru saat ini sudah canggih dan hampir semuanya dilengkapi dengan teknologi side stand switch. Teknologi ini bikin motor bisa dinyalakan saat standar samping diangkat. Gunakan standar samping saat memarkir motor kalian. Keberadaannya, paling nggak bisa merepotkan maling ketika mencuri motor. Apalagi, kalau kalian menggunakannya secara bersamaan dengan standar tengah.

 

6. Parkir Di Tempat Aman

maling motor terekam cctv

Tips yang terakhir adalah dengan menempatkan motor di lokasi yang aman. Aman disini bisa berarti macam-macam. Sebagai contoh, ketika berada di area parkir, Sobat Bikers bisa memilih lokasi yang tercakup area CCTV. Atau bisa juga di tempat yang ramai.

Youtube Belipart