Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
atasi bunyi rem berisik
Tips & Trik

Tips Bungkam Suara Rem Berisik Bisa Jadi Tanda Harus Ganti

Haloo Sobat Bikers. Musim hujan kayak sekarang ini menimbulkan beberapa problem tersendiri bagi sang motor kesayangan. Mulai dari komponen besi yang rawan karatan hingga tampang motor jadi kusam. Apalagi yang satu ini nih sob, masalah yang paling mengganggu yakni munculnya bunyi aneh yang munculnya dari komponen rem. Asli bikin kuping serasa dikelitikin ya kan. Masalah rem berisik ini emang sepele, se-simple cara ngilanginnya. Berikut caranya, simak baik-baik ya sob!

 

Penyebab Timbulnya Bunyi 

Penyebab Bunyi Berisik Pas Ngerem
Cakram Baret, Salah Satu Penyebab Bunyi Berisik Pas Ngerem

Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen pasti mengalami degradasi, terlebih part fast moving dalam hal ini adalah sistem pengereman. Dalam kurun waktu beberapa bulan, piringan cakram lama kelamaan biasanya timbul pola cacat bergaris. Hal ini wajar karena kampas rem dan piringan cakram yang saling bergesekan satu sama lain. Coba deh sobat tengok cakram motor kalian, pastikan nggak peyang atau bergelombang. Kalo emang terbukti peyang, buru-buru diganti deh, sob. Takutnya nanti malah merusak komponen rem lainnya. Misal kondisi cakram ternyata normal namun ada baret atau pola bergaris, dapat dipastikan hal tersebut merupakan salah satu penyebab bunyi rem berisik.

Ada juga penyebab lainnya, sob. Pada saat handel rem cakram ditekan, selalu muncul bunyi berisik yang cukup mengganggu. Dan biasanya, bunyi tersebut tak kunjung hilang walau handel sudah dilepas, dan baru hilang ketika sudah berjalan agak lama. Gejala tersebut bisa juga disebabkan karena kampas rem kotor dan juga pin braketnya yang udah kering. Ditambah musim hujan, kotoran berupa pasir yang terbawa genangan kian memperparah alur garis kampas.

 

Cara Mengatasi Bunyi Rem Berisik

kanvas rem berisik karena permukaan yang kasar

Cara untuk problem yang pertama : Bunyi kasar tersebut bisa diatasi dengan cara membersihkan kampas rem cakram dengan amplas. Pertama, sediakan kunci L5 dan ampelas ukuran 400 (atau sekitar itu). Lalu, lepaskan baut-baut dudukan kampas rem pada kaliper. Nah, setelah itu tinggal diamplas aja discpad alias kanvas rem cakramnya. Kalo emang kampas udah tipis, ya mending diganti aja ya sob.

 

Pin bracket kaliper berkarat
Lumasi Bagian Batang Dengan Gemuk Atau Pelumas

Cara problem yang kedua : Lakukan step yang sama seperti cara untuk masalah yang pertama. Kemudian copot kaliper dari bracket agar lebih mudah pas dibersihin nantinya. Tinggal dibongkar, mulai dari braket kaliper, penahan kampas rem, pegasnya dan pin braket. Yang perlu kalian perhatikan adalah pin braketnya, yang berupa batang penghubung bracket dan kaliper. Nah bagian pin inilah yang akan diolesi gemuk biar gerak bracket kaliper bisa bergerak mulus.

Youtube Belipart