Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Tetap Bekerja, Tips Biar Bikers Nggak Jadi Korban Virus Corona
Tips & Trik

Tetap Bekerja, Tips Biar Bikers Nggak Jadi Korban Virus Corona

Social & Physical Distancing memang diperlukan untuk memutus rantai penyebaran virus ini. Tapi bagi yang belum bisa menjalankannya, entah itu karena tuntutan pekerjaan atau karena kebutuhan hidup, setidaknya selalu menjaga diri agar tetap aman. Yapss, terutama Bikers yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu berkendara untuk jangka waktu yang cukup lama, baik itu driver ojek online, kurir, ataupun profesi lainnya yang akrab dengan motor. Tentu saja, bagi mereka wabah yang satu ini bikin was-was dalam kondisi yang serba salah. Nah, sobat yang nggak bisa Work From Home, berikut tips biar kita para Bikers nggak jadi korban dan terlindung dari ancaman virus Corona Covid-19 :

 

1. Jaga Kebersihan Diri dan Kendaraan

Tahap pertama tentu kebersihan diri adalah jauh diatas segalanya. Untuk kebersihan diri tentu dimulai dari rumah dan sebisa mungkin hindari kontak dengan area publik tanpa alat pelindung diri (APD). Karena kita nggak bakal benar-benar tau orang disekitar kita adalah pengidap atau korban virus corona atau nggak. Jadi, usahakan minimal pakai masker rekomended, dan biasakan mencuci tangan dengan air mengalir serta gunakan sabun. Atau bisa juga kalian gunakan hand sanitizer sekali-kali karena masih lebih baik cuci tangan pakai sabun. Hal ini berlaku juga ketika kalian baru pulang “kelayaban” dari luar rumah.

jaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun

Kemudian kalian juga jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan motor kesayangan, sebab virus ini bisa menyebar dimana saja. Dengan rutin mencuci motor, virus ini bakal ikutan rontok terbawa air ke selokan. Memang, sebagian dari kita kadang dihampiri rasa lelah luar biasa yang bikin ogah-ogahan nyuci motor. Nah, alternatif lain masih ada kok, yaitu dengan menyemprotkan desinfektan yang bisa kalian bikin sendiri. Paling gampang sih pakai dettol atau bayclin yang dicampur air, terus tinggal semprot aja ke motornya.

 

Nyuci Motor Cara Pintar Dengan Beberapa Hal Ini

 

2. Pakai Riding Gear Pribadi

macam-macam riding gear mulai dari helm, jaket, sepatu dan sarung tangan

Riding Gear utama kita tentu berupa helm dan jaket. Nah, untuk kenyamanan dan keamanan diri, please deh jangan pakai riding gear bergantian kayak helm dan jaket kalian ya. Nggak usah takut dibilang pelit, yang penting kalian nggak egois. Seperti yang pernah gue bahas di artikel sebelumnya, helm dan perlengkapan lainnya bisa menularkan virus corona ini dari satu orang ke orang lainnya. Sebab kita nggak akan pernah tau kondisi helm atau jaket milik orang lain, tentu dengan menyiapkannya sendiri bakal lebih minim resiko yang mengancam. Jadi solusinya, bawa helm sendiri kalau mau riding ataupun nebeng (misal numpang ojek online) biar dua-duanya aman sentosa.

 

3. Ganti Pakaian Bersih

ganti baju setelah keluar rumah agar kita nggak jadi korban virus corona

Nah ini, memang penularan virus bisa lewat media apa saja, nggak cuma sentuhan anggota tubuh. Pakaian yang dipakai saat mengunjungi area publik, harus segera diganti saat balik ke rumah. Dan lebih baik lagi jika langsung dicuci. Tapi pada prakteknya, hal ini bakal agak ribet, sob. Kalian bakal tetap akan masuk rumah dalam keadaan pakaian “kotor” juga. Dan bisa saja keluarga tercinta jadi korban kecerobohan kita menganggap enteng virus corona. Amit-amit…. Makanya kalau riding, usahakan selalu pakai jaket! Jadi, pas mau masuk rumah kalian tinggal lepas jaket, gulung, terus lempar ke cucian. Abis itu buru-buru mandi deh biar bersih.

 

6 Cara Terbaik Cuci Helm, Bisa Lakukan Sendiri Dirumah

 

4. Imunitas Korban Virus Corona Lemah

sistem imun yang bagus mencegah infeksi covid-19

Banyak yang bilang kalau virus ini menyerang pada orang yang punya daya tahan tubuh yang lemah. Bukan mustahil kalau kebanyakan korban virus corona adalah para lansia dan anak-anak. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga sistem daya tahan tubuh kita. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Sebenarnya mudah dijalani asal nggak males, sebab pola hidup sehat kuncinya adalah teratur. Mulai dari pola tidur cukup, makan teratur dengan nutrisi cukup, serta berolahraga secara teratur. Olahraga mah bisa apa saja dan dimana saja, termasuk dirumah. Misalnya nyuci dan gosok baju, ngepel lantai, angkat galon, dan masih banyak yang lainnya. Sayangnya, mabar PUBG, Mobile Legend, Dota nggak termasuk olahraga yang dimaksud meskipun sama-sama sport. Intinya kembali pada diri sendiri, kita mau berusaha atau nggak.

Youtube Belipart