Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
tips memilih box motor
Tips & Trik

4 Tips Box Motor Penting Buat Sobat Bikers Cermati

Nggak seperti skutik maxi yang punya bagasi luas, motor pada umumnya hanya memiliki penyimpanan barang sangat terbatas, terutama jenis non-matic. Sobat akan menemukan kompartemen yang posisi biasanya berada di bawah jok. Oleh sebab itu, banyak pula bikers yang “mengakalinya” dengan membeli box motor sebagai bagasi penyimpan barang tambahan.

Lewat pemakaian box tambahan, kalian bisa menyimpan berbagai jenis kebutuhan saat berkendara. Penggunaannya pun bakal sangat krusial ketika kalian melakukan perjalanan panjang seperti ketika tengah touring.

Mengenai pilihan box motor, sobat bisa menemukan banyak pilihan di pasaran. Bahkan, begitu banyaknya opsi yang bisa didapatkan, bisa membuat kalian kebingungan. Buat Sobat Bikers, ada 5 tips yang bisa diperhatikan untuk memilih box motor sesuai kebutuhan, yakni:

 

1. Kapasitas Box Motor

kapasitas box motor

Pertimbangan pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih box sesuai dengan jenis motor yang dikendarai. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa performa motor nggak terganggu oleh keberadaan box penyimpanan.

Selain itu, pertimbangan ini juga penting untuk memperhatikan kestabilan motor. Untuk itu, sobat perlu menyesuaikan dimensi box dengan kapasitas mesin sepeda motor. Misalnya, motor matic atau bebek yang menggunakan mesin 150 cc, sebaiknya gunakan boks berkapasitas antara 26 liter sampai 35 liter. Sementara itu, motor kopling dengan mesin berkapasitas lebih besar, pilihan box yang digunakan juga punya volume lebih banyak.

 

2. Sesuaikan Dimensi Box

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah memilih jenis box dengan dimensi yang tepat. Patokan ketepatan dimensinya disesuaikan dengan desain sepeda motor. Pastikan bahwa ukuran lebar dari boks, nggak lebih besar dibandingkan dengan panjang stang kemudi. Hal ini penting banget, sebab berkaitan erat dengan keamanan berkendara.

triple box motor givi

Box yang terlalu lebar, bisa mengganggu pandangan selama berkendara. Sobat Bikers bakal mengalami kesulitan untuk melihat keberadaan kendaraan lain dari kaca spion. Dalam kondisi seperti itu, risiko terjadinya kecelakaan ketika berkendara makin tinggi, sama saja seperti nggak pakai spion.

 

3. Pilih Bracket Yang Tepat Dan Berkualitas

Pemilihan box penyimpanan untuk motor juga harus disertai dengan penggunaan bracket. Ada beberapa jenis bracket yang bakal kalian temukan di pasaran. Beberapa jenis bracket yang umum digunakan antara lain :

Bracket Box Samping SBL2000 Indo Givi

Bracket monorack

Monorack menjadi jenis bracket yang paling sering digunakan. Alasan popularitas bracket monorack cukup beragam. Cara pemasangan bracket monorack cukup mudah, karena bisa dipasang secara langsung lewat empat baut pengait ke sub-frame motor. Selain itu, bracket ini juga sesuai untuk berbagai jenis motor ataupun box.

Bracket heavyrack

Jenis bracket heavyrack memiliki desain yang lebih kokoh dibandingkan monorack. Bracket ini nggak hanya dipasang pada sub frame motor, tetapi juga bagian footstep belakang dan shockbreaker. Karena itu, bracket heavyrack jadi pilihan tepat kalau kalian ingin mencari box dengan kapasitas yang besar.

Bracket side box

Tipe bracket berikutnya adalah bracket side box. Sesuai dengan namanya, bracket ini ditujukan untuk penggunaan boks motor yang dipasang pada bagian sisi kendaraan, biasa disebut pannier. Bracket model seperti ini kerap menjadi pertimbangan para pecinta touring yang melakukan perjalanan dalam durasi sangat panjang dan butuh sarana penyimpanan yang banyak.

Bracket geser

Bracket jenis ini memberi keleluasaan dalam pemakaian karena memungkinkan kalian dalam menggeser box. Sebagai contoh, ketika berkendara sendiri, box bisa digeser ke depan. Sementara itu, saat berboncengan, bracket ini memungkinkan untuk menggesernya ke belakang.

 

4. Box Motor Wajib Aman dan Nyaman

Faktor yang tak kalah pentingnya yang harus diperhatikan  dalam memilih box motor adalah tingkat kenyamanan serta keamanan. Pastikan bahwa keberadaan box tersebut nggak mengganggu kenyamanan selama berkendara. Selain itu, box juga harus mampu menyimpan barang bawaan dengan aman.

Terkait hal yang satu ini, Sobat Bikers perlu mempertimbangkan untuk membeli box penyimpanan yang berbobot ringan. Box yang ringan, memudahkan ketika ingin melakukan pembongkaran barang bawaan ataupun memasangnya kembali. Di samping itu, kalian juga perlu untuk memperhatikan sistem keamanan, terutama ketika terbiasa membawa  barang-barang berharga.

Itulah tips yang bisa Sobat Bikers terapkan kalau ingin mencari box motor yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan pemilihan yang tepat, kalian bisa merasakan manfaat yang maksimal dari keberadaan box tersebut.

Youtube Belipart