Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
tips modifikasi motor custom sesuai budget
ModifikasiTips & Trik

Tips Biar Modifikasi Motor Custom Kalian Agar Lebih Terkonsep

Melakukan modifikasi atau ubahan pada sepeda motor, memang butuh biaya yang lumayan besar. Apalagi kalau konsep yang ingin diterapkan punya beberapa sparepart yang harganya nggak murah seperti motor custom. Terlebih lagi jika kalian menginginkan untuk memakai parts asli yang harganya yang juga mahal. Untuk melakukan modifikasi ini, kalian juga bisa mempercayakan sepeda motor ditangani di bengkel modifikasi. Biasanya kalian akan ditawari beberapa paket modif lengkap. Berikut tips biar modifikasi motor kalian lebih terkonsep dan nggak buang-buang duit.

 

Tentukan Konsepnya

bengkel custom clacustique depok

Nah, sebelum kalian memutuskan buat membangun ulang motor keayangan, tentukan dulu konsep apa yang bakal kalian terapkan! Ini sangat penting agar anggaran yang harus kalian siapkan bisa mencukupi dan ubahan yang kalian inginkan bisa sesuai ekspektasi. Soal konsep tergantung dari kalian sendiri. Dari modifikasi ringan hingga ubahan total ke bagian sasis dan keseluruhan bodi motor. Tentunya, konsep modif bakal berpengaruh besar sama budget atau anggaran yang harus kalian siapkan.

 

Budget Modifikasi Motor

Dalam paket modifikasi yang gue jelaskan di atas, biaya yang harus dikeluarkan pun beragam, karena biasanya sang builder akan mengikuti arahan dari kalian. Jika konsepnya cukup sulit, dan penggunaan partnya cukup banyak diganti tentu biayanya akan mahal. Lain halnya dengan melakukan modifikasi dengan mengubah di beberapa bagian saja.

So, berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk modifikasi motor custom? Langkah paling mudah adalah kalian buat daftar part apa saja yang bakal dirubah berikut harganya, setelah itu hitung total harganya. Atau kalian bisa berkonsultasi pada rumah modif. Beberapa bengkel menawarkan paket-paket khusus untuk modifikasi ringan. Misalnya penggantian spakbor, tangki, jok, lampu sein, lampu depan, lampu belakang.

motor custom modifikasi

 

Megapro Lawas Buat Bahan Modif Tracker, Siap Budget Minim!

 

Beberapa bengkel ada yang menyediakan paket ringan tersebut di angka Rp. 5-10 jutaan. Namun, untuk modifikasi berat yang sampai merubah chassis atau rangka tentu biaya yang harus dikeluarkan juga bakal makin tinggi. Ubahan chassis ini dianggap sebagai salah satu modifikasi yang berat.

Untuk modifikasi total, biaya yang harus dikeluarkan bisa mencapai Rp. 10-30 jutaan tergantung penggunaan bahan. Namun harus diingat, biaya ini nggak bisa dijadikan patokan, ya sob. Karena setiap rumah modifikasi memiliki standar dan kualitas yang berbeda-beda. Maka dari itu, harganya bisa dipastikan akan berbeda-beda antara setiap rumah modifikasi.

 

Baca juga : Harley Yang Menyalahi Kodrat Modif Aliran Scrambler

 

Salah satu bengkel modifikasi yang terkenal di Indonesia saat ini cukup banyak. Mulai dari Katros Garage, Street Art Custom, Thrive Custom, Studio Motor, Bimo Custom Bike, Elders Garage dan masih banyak lagi bengkel modifikasi yang kian menjamur. Bicara bengkel modifikasi nggak beda jauh dengan bicara kedai kopi. Jumlahnya semakin banyak, karena animo pengguna sepeda motor custom di Indonesia juga makin berkembang.

 

Persiapkan Biaya Dengan Baik

Untuk melakukan modifikasi, ada baiknya kalau kalian menyiapkan budget modifikasi terlebih dulu hingga benar-benar cukup. Pasalnya, banyak orang yang ingin melakukan modifikasi namun mereka kurang memikirkan soal biaya. Mengumpulkan part demi part. Terkadang, modifikasi yang dilakukan akan berhenti di tengah jalan lantaran kehabisan biaya. Maka dari itu, sebelum melakukan modifikasi ada baiknya kalau kalian menabung uang kalian dulu daripada “menabung” sparepart-nya.

hemat menabung

Karena hasil akhir juga sangat bergantung kepada biaya yang akan kalian keluarkan. Untuk tahun ini, tren modifikasi motor 2019 masih tetap akan dihiasi dengan model klasik. Model klasik dianggap selalu memiliki daya tarik tersendiri. Namun, jika kalian memiliki konsep tersendiri juga nggak masalah. Karena modifikasi merupakan representasi dari diri kalian yang harus diketahui oleh orang yang melihat. Sebelumnya artikel soal tren modifikasi tahun ini sudah ditulis disini.

 

Baca juga : 5 Aliran Modifikasi Motor Klasik Cocok Jadi Inspirasi

 

Ingat, banyak orang melakukan modifikasi karena ingin menggambarkan jati dirinya lewat kendaraan. Jangan sampai kalian melakukan modifikasi dengan meniru gaya orang lain. Karena modifikasi seperti hal tersebut nggak memiliki karakter sang pemilik.

Youtube Belipart