Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
postur berkendara saat touring motor sport
Tips & Trik

Tips Postur Berkendara Anti Pegal Touring Pakai Sportbike

Mengendarai sportbike, terutama motor-motor full fairing dengan stang model jepit yang bikin postur badan harus lebih “meringkuk” ke depan. Hal ini adalah alasan beberapa bikers enggan gunakan motor jenis ini untuk perjalanan jauh. Posisi badan yang kelamaan membungkuk sudah tentu bikin pegal pundak hingga pinggang, apalagi perjalanan jarak jauh. Meski begitu, touring pakai motor sport ternyata asik loh. Asal sobat perhatikan Tips Postur Berkendara anti pegal touring pakai motor sport, berikut ini :

 

Postur Duduk saat Berkendara 

riding position

Saat memutuskan untuk menduduki jok motor kalian, luangkan sedikit waktu untuk mencari posisi paling nyaman. Dan jangan lupa juga untuk memperagakan posisi saat berkendara dengan mencengkeram stang dan menginjak footstep. Nggak ada tujuan lain, hal tersebut supaya menjadi dasar untuk menemukan postur berkendara yang sempurna.

 

“Lemaskan” Siku

Jangan membuat siku “terkunci” lurus antara kedua lengan atas dan bawah. Hal ini harus Sobat Bikers lebih perhatikan, selain bikin cepat capek pun juga bahaya buat keselamatan. Sabar, bakal dijelasin satu per satu. Kebiasaan meluruskan siku ini bikin badan lebih intens meresap getaran yang tersalur dari stang. Kalian pernah kan ngerasain dimana tangan kok tiba-tiba jadi pegal bahkan kebas? Nah, dari segi keselamatan ini juga terbilang bahaya. Sebab apabila terjadi tumbukan dari arah depan, lengan nggak mampu menyerap momentum terpentalnya badan. Dan gambaran yang terngiang adalah patah tangan atau lengan.

 

Baca juga : Memilih Helm Yang Aman Nggak Sulit Kok, Begini Caranya!

 

Postur Berkendara Meluruskan Punggung

Berdasar pengalaman, dasar ketidak-nyamanan berkendara itu tergantung pada bagaimana postur punggung pengendara diposisikan. Tapi jangan salah faham, meluruskan punggung bukan berarti harus menjadi kaku. Agar ergonomis makin maksimal, buat agar ketiak sedikit lebih membuka dan perhatikan lagi poin ke-dua. 

 

Manfaatkan Footstep Untuk Kaki Beristirahat

Yup, mengendarai sportbike menurut beberapa orang adalah sebuah kebahagiaan. Footstep ini merupakan satu-satunya tempat dimana sobat akan mengistirahatkan kedua kaki. Namun saat melakukan perjalanan jauh, kaki pun terasa pegal. Jika hal ini mulai terasa pada kaki kalian, regang dan luruskan kaki kalian sejenak. Dan supaya hal ini nggak cepat menyerang, manfaatkan footstep untuk “menggantung” kaki. Maksudnya adalah, menempatkan hak sepatu bagian belakang (pada beberapa sepatu touring) ke pijakan footstep.

Footstep KLX Gold Cyber Works

 

Jepit Tangki Dengan Paha

Kebanyakan orang mengeluh sakit pada pergelangan tangan karena badan terlalu condong ke depan. Secara logika, hal ini karena pembagian berat tubuh bagian atas bertumpu pada satu titik yaitu lengan dan pergelangan tangan. Manfaatkan tangki bahan bakar dengan menjepitnya dengan kedua paha. Agar distribusi berat badan makin merata, menjepit tangki juga memaksimalkan handling saat bermanuver. 

Youtube Belipart