Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Usir Rasa Bosan Dan Stress, Kesehatan Mental Bikers Selama Karantina
Tips & Trik

Usir Rasa Bosan Dan Stress, Kesehatan Mental Bikers Selama Karantina

Cukup banyak masyarakat yang sekarang harus libur kerja karena kena dampak kebijakan mengatasi penyebaran virus Corona. Yang bukan pegawai alias penjual atau pengusaha pun kadang terpaksa libur karena pembeli atau konsumen berkurang. Dampak COVID-19 ini pun turut menyerang psikologi, stress dan rasa bosan karena terjebak dalam situasi yang serba salah. Termasuk jiwa-jiwa yang rapuh seperti gue bakal “tersiksa” karena kebosanan ini, berfikir keras untuk membebaskan diri dari rasa bosan selama PSBB. Kalian yang sudah jenuh jangan stress dulu, mungkin beberapa hal penghibur diri selama pendemi ini bakal berguna buat kalian. Simak baik-baik nih cara bikers menghilangkan rasa bosan dan stress dirumah ala gue!

 

Perbaiki Siklus Tidur = Mood Bagus

Bagi yang sudah terbiasa kerja atau sekolah, bangun pagi, mandi lalu berangkat kerja atau sekolah, mungkin nggak sadar bahwa kegiatan yang membosankan ini bisa mencegah stress. Setelah dilarang kerja atau sekolah, biasanya siklus bangun dan tidurnya jadi kacau. Bisa terjadi tidurnya jam 2 malam dan bangunnya jam 12 siang. Kebiasaan seperti itu nggak hanya merusak tubuh tapi juga merusak mental.

Menurut gue pribadi, yang bikin orang bisa lepas dari stress adalah istirahat yang cukup, rutinitas atau kegiatan baru (koreksi kalau salah). Memperbaiki siklus istirahat atau tidur yang cukup adalah kunci utama, yang sebenarnya cukup sulit karena biasanya orang yang merasa bosan sulit untuk tidur.

Coba cari kebiasaan yang bisa membantu kalian untuk tidur. Jangan makan sebelum tidur agar proses kerja pencernaan nggak terganggu. Lebih baik kalau mandi dulu sebelum tidur. Sebab konon katanya, mandi bisa menghilangkan energi negatif. Tidur yang baik membutuhkan durasi 8 jam. Tidurlah sebelum jam 9 malam biar jam 5 sudah bisa bangun untuk sholat subuh atau berolahraga.

 

Cegah Stress Dengan Olahraga Pagi

Seperti gue sebelumnya, sinar matahari itu penting untuk kesehatan karena mengandung vitamin D yang jarang ditemukan pada jenis makanan. Sinar matahari ini jadi solusi murah meriah dan mudah. Ditambah lagi, kalau kalian berolahraga ketika suhu masih dingin tapi sudah ada sinar matahari itu sangat membantu. Berkeringat juga bakal terasa nikmat. Bukan hanya dari sisi fisik saja tapi juga dari sisi mental.

 

Manasin Motor

motor custom chopper klasik presiden jokowi

Cari kegiatan yang bisa dilakukan dengan rutin dan membuat pikiran nggak makin sumpek. Misal manasin motor. Jangan bilang motor injeksi sudah paling canggih! Apapun motornya, selagi do’i nggak pernah diajak jalan bakal “ngambek” juga kok. Buktinya banyak, coba aja motor dibiarin begitu lama tanpa dipakai sedikitpun. Aki motor bakal tekor cuy! Lah fungsinya kita manasin motor adalah mencegah hal tersebut terjadi. Apalagi motor injeksi, butuh banget sama aki. Sensor-sensor yang ada sekaligus ECU butuh pasokan listrik untuk inisiasi pembakaran mesin. Manasin motor juga nggak butuh lama-lama, cukup 2-3 menit aja dengan kondisi stasioner. Sesekali geber setelah 1 menit agar kepuasan batin terpenuhi dan tegangan yang dihasilkan motor bisa lebih dari 12 volt biar aki melakukan recharge.

Rutin Cek Pada Bagian Ini Meski Motor Nganggur Di Rumah

 

Cuci Helm

Ada lagi rutinitas yang nggak bakal bikin kalian bosan, yaitu dengan mencuci helm. Merawat helm memang gampang-gampang susah, sob. Terutama jika digunakan tiap hari yang pastinya bikin daleman do’i cepat bau apek. Rupanya ada beberapa penyebab utama helm kesayangan jadi bau, salah satunya jarang mencuci helm. Memang, buat usir bau nggak sedap ini nggak ada jalan lain selain harus rutin dibersihkan. Tapi, sobat harus pahami langkah mudah dan benar saat cuci helm di rumah. Caranya bisa kalian simak disini.

Waspada Penularan Virus Corona Lewat Helm

Youtube Belipart