fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Penyebab Ban Tubeless Bocor Melulu, Ini Masalahnya
Edukasi

Penyebab Ban Tubeless Bocor Melulu, Ini Masalahnya

Ban jenis tubeless memang relatif lebih aman dari bocor dibanding ban dengan inner tube (ban dalam). Tapi ban ini bukan berarti nggak bisa bocor. Lha wong abis ditambal aja kadang ban tubeless masih sering bocor. Salah satu penyakitnya adalah adanya kebocoran halus yang bisa jadi bukan disebabkan oleh ban itu sendiri. Nah, berikut beberapa faktor yang patut diduga sebagai penyebab terjadinya bocor halus pada ban tubeless.

 

Velg Peyang Bikin Ban Tubeless Sering Bocor

velg motor peyang bikin ban tubeless bocor

Kerusakan yang sering dialami oleh velg motor racing pada umumnya disebabkan karena hantaman yang sangat begitu keras pada bidang jalanan yang rusak atau jalanan yang berlubang. Inilah yang menyebabkan ban tubeless bocor terus karena velg yang bengkok. Velg peyang bakal menciptakan celah di antara velg dengan ban. 

Nah, dari celah yang tipis inilah angin akan keluar secara perlahan, membuat ban menjadi kempes. Kalo bengkoknya sudah parah, cairan ban anti bocor pun nggak ada gunanya. 

 

Baca juga : Velg Peyang Juga Bikin Handling Motor Bermasalah

 

Pentil Ban Tubeless Bocor / Rusak

pentil ban tubeless

Bagian lain yang patut dicurigai sebagai penyebab bocor halus adalah pentil ban. Monggo dicek lagi, apakah pentil tersebut sudah terpasang dan dengan kondisi yang benar? Sebab pentil yang nggak terpasang dengan sempurna alias miring bisa bikin ban bocor halus. Kebocoran ini bisa terjadi karena faktor usia pemakaian atau bisa juga karet pentil dan pegas di dalamnya sudah kendor. 

Nah, biar usia komponen ini makin awet sobat harus perhatikan tekanan angin ban. Tekanan angin berlebih akan memaksa pegas dan karet pentil bekerja lebih berat dari yang seharusnya. Dan jangan lupa gunakan tutup pentil biar air dan kotoran nggak gampang masuk yang bisa mengganjal karet pentil.

 

Kondisi Ban Yang Sudah Botak

ban botak

Kalau ban motor kalian sudah botak atau aus, lebih baik diganti saja. Selain kondisi ban seperti ini bikin ban motor kalian gampang bocor, berbahaya pula jika digunakan. Ban botak juga lebih mudah meletus di jalan, sob! Ini karena lapisan ban yang makin tipis, sebab area sebaran panas ban jadi makin sedikit dan ban juga lebih cepat panas. Tahu kan sifat karet yang dipanasin jadinya seperti apa?

 

Bekas Benda Menancap Pada Ban Tubeless 

Ban tubeless dirancang lebih tahan terhadap tusukan benda tajam seperti paku. Bahkan paku yang masih menancap di ban pun sobat masih bisa melanjutkan perjalanan ke tambal ban terdekat. 

Tapi, keheranan biasanya baru muncul setelah ban ditambal, perlahan tapi pasti ban kempes dikit demi sedikit. Hal seperti ini masuk akal, sebab ketika ban dalam kondisi tertusuk paku (atau sebagainya) ban tetap kehilangan sedikit angin beberapa saat. Ini memungkinkan kerikil kecil atau bahkan bekas pecahan kaca mudah menancap dan meninggalkan celah.

Untuk mengeceknya, silakan teteskan air sabun ke seluruh permukaan ban. Jika ada gelembung udara, bisa dipastikan ada kebocoran di sana.

Beri Komentar

Youtube Belipart