fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
porting polish
Edukasi

Bagaimana Porting Polish Bisa Dongkrak Power Mesin? Pahami Dulu Artinya!

Pecinta kecepatan, nggak bakal asing sama yang namanya oprek mesin. Bore up, Stroke up, sampai urusan re-design jalur keluar masuk campuran gas dan bbm. Bikin ulang jalur dengan metode porting polish dinilai lebih efisien untuk memaksimalkan efisiensi volumetrik di cylinder head. Sebenernya Sobat Bikers ngerti nggak sih apa itu porting polish dan bagaimana cara kerjanya? Benarkah bisa meningkatkan performa mesin atau bikin irit konsumsi BBM? Sebenarnya, Porting dan Polish punya arti dan metode kerja yang berbeda antara satu dengan lainnya, namun saling berkaitan. Maka dari itu, nanti akan kelompokkan masing-masing biar lebih mudah dicerna kepala. Oke, untuk lebih jelasnya, simak aja penjelasan di bawah ini!

 

Porting Cylinder Head

porting polish

Porting sendiri punya maksud untuk mendesain ulang jalur in (masuknya udara dan BBM) dan ex (saluran gas buang). Tujuannya agar mekanik dapat menemukan aliran yang optimal (dengan flow-rate tinggi) untuk settingan mesin. Apakah semua mesin perlu dilakukan porting? Bisa jadi iya, sebab mesin yang merupakan produksi massal, tentu tingkat kepresisiannya juga relatif. FYI, bagian yang dapat diporting itu nggak cuma cylinder head, terlebih pada motor 2 tak (crankchase pun terjamah porting). Maka dari itu, jalur in-ex perlu dikoreksi supaya kinerja mesin makin joss. Sebab dengan meningkatnya efisiensi volumetric sebuah mesin, secara otomatis akan meningkatkan power mesin tersebut. Bukankah hal tersebut yang dicari mekanik balap?

Pada dasarnya untuk mesin N/A (Normally Aspirated), melakukan porting secara otomatis akan mengubah karakter mesin. Sebab konsep ubahan yang membuat ‘volume’ (debit udara) bertambah, maka ‘speed’ (laju udara) pun akan menurun. Agar didapat ukuran porting yang sesuai, penggunaan flowbench menjadi syarat mutlak dalam pengerjaan porting polish. Dengan begitu, diperoleh kesimpulan bahwa desain dari porting sangat mempengaruhi karakter mesin. Jadi porting untuk kebutuhan mesin drag race dengan rally, akan mempunyai model serta ukuran yang berbeda.

Metode dalam pengerjaan porting ini pun terbilang bervariasi, bisa dilakukan dengan mesin CNC maupun Bor Tuner. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Porting CNC biasa dilakukan oleh bengkel ataupun mekanik profesional yang lebih mengedepankan akurasi dan kerapihan dalam pengerjaan. Namun, mereka harus menebusnya dengan harga yang relatif lebih mahal. Belum lagi kalian harus menyiapkan desain portingan sendiri, sehingga metode pengerjaan ini kurang cocok jika Sobat Bikers ingin me-riset mesin tunggangan. Berbeda halnya dengan cara manual atau dengan menggunakan bor tuner, selain metode ini lebih cocok untuk kalian yang suka riset mesin, cost yang dikeluarkan pun lebih ekonomis. Hati-hati saat melakukan porting dengan cara ini, perlu ketelitian saat menggoreskan mata bor tuner pada dinding port.

 

Komponen Yang Dapat Dilakukan Polish

polish
Melakukan Polish Pada Bagian Kubah Chamber

Biasanya treatment setelah melakukan porting adalah polish. Sesuai namanya, polish artinya adalah menghaluskan yang mana bisa diartikan menghaluskan permukaan port. Misalnya dengan menghilangkan permukaan kulit jeruk pada intake/exhaust port yang disebut polish. Meski sebenarnya hal tersebut secara otomatis akan masuk ke ranah porting karena diameter port akan bertambah besar. Ingat kan? Kalo semakin besar diameter port bikin laju aliran udara masuk maupun keluar jadi lebih lambat.

Tapi kini sudah mulai banyak tuner (mekanik) yang mengharamkan melakukan polish pada intake port lantaran akan membuat campuran bensin dan udara menjadi kurang homogen sehingga lebih sulit terbakar. Kebanyakan polish hanya dilakukan pada exhaust port agar kotoran/residu pembakaran lebih susah nempel pada dinding port. Flow gas buang pun nggak akan terganggu, meski usia pakai mesin telah menempuh jarak tempuh ribuan kilometer. Ujung-ujungnya juga bakal lebih hemat dalam pengeluaran biaya servis.

 

Pengen Upgrade Pengapian Motor, Pilih Piggyback Atau ECU Racing?

 

Penggunaan Porting Polish Pada Motor Harian

diameter porting polish

Bisa banget, bahkan di motor ber-cc kecil pun bisa asal dengan perhitungan yang pas agar power mesin nggak malah kedodoran. Tapi, sebelum kalian memutuskan untuk melakukan porting polish, lebih baiknya jika Sobat Bikers menentukan rentang RPM manakah yang diinginkan. Ketahui spesifikasi mesin jika motor mengalami ubahan atau tidak. Dengan itu kalian akan lebih mudah untuk memutuskan porting polish seperti apakah nantinya. Mengenai dampak mesin yang telah diporting polish, tentu saja akan membuat kerja motor lebih efisien. Irit bensin namun dengan power yang makin berlimpah.

Beri Komentar

Video Belipart