fbpx

Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
mudik motor
Tips & Trik

Yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik Pakai Motor

Ritual pulang kampung alias mudik yang selalu menjadi acara tahunan yang dirayakan masyarakat dengan beragam moda transportasi. Motor sebagai salah satu moda transportasi yang dipercaya paling ekonomis, menjadikannya opsi sebagai armada menuju kampung halaman. Jika kalian termasuk Bikers yang mudik menggunakan motor, alangkah baiknya kalian memperhatikan beberapa hal penting berikut sebelum mudik naik motor. Yuk simak penjelasannya di bawah ini agar mudik kalian aman dan nyaman!

 

Jaga Kesehatan Pengendara dan Penumpang

cek kesehatan pemudik

Pentingnya kondisi badan yang sehat dan bugar tentu saja menjadi faktor utama agar perjalanan mudik menggunakan motor makin aman. Akan sangat berbahaya jika memaksakan badan yang kurang sehat untuk berkendara. Keselamatan diri maupun orang lain akan terancam. Pastikan Sobat Bikers menjaga pola makan serta gaya hidup sehat dengan diimbangi pola istirahat yang cukup agar perjalanan mudik tidak menemui hambatan.

 

Pastikan Sebelum Mudik, Motor Dicek ke Bengkel

servis sebelum mudik

Sebelum sang kuda besi bekerja keras menempuh perjalanan yang panjang dan jauh, melakukan pengecekan kondisi motor dapat menunjang keselamatan dan kelancaran perjalanan mudik. Dalam hal ini, kalian bisa melakukan servis ringan dan ganti oli di bengkel pilihan kalian. Pastikan sang mekanik memeriksa kondisi ban, rantai, kanvas rem dan kelengkapan instrumen motor sebelum digunakan mudik. Hal ini akan lebih baik daripada harus mengalami kendala di tengah perjalanan ke kampung halaman.

 

Hindari Barang Bawaan Terlalu Banyak

Semua persiapan motor sudah beres. Tentu logistik sangat berguna sekali dalam perjalanan bahkan nanti setelah tiba di tujuan, maka dari itu kalian juga harus mempersiapkan logistik biar aman di perjalanan. Tapi jangan sampai motor kalian terlalu banyak membawa muatan, sebab hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri karena dapat menyebabkan motor tidak stabil.

barang bawaan pemudik

Hindari barang bawaan terlalu banyak, dan sebisa mungkin pisahkan barang-barang yang berharga ke dalam tas yang bisa kalian bawa kemana-mana. Hal ini bertujuan agar barang-barang berharga kalian selalu dalam pengawasan meskipun saat sedang istirahat.

Cara lainnya yang lebih aman untuk membawa logistik kalian, yaitu memasang boks tambahan. Kalian dapat menggunakan boks sesuai kapasitas yang diperlukan, tersedia berbagai merk box motor dengan pilihan harga dan model.  

 

Siasati Mudik Naik Motor di Waktu yang Tepat

Dasarnya apakah Kalian sudah benar-benar hafal dengan rute mudik yang dipergunakan. Bila belum, sebaiknya jalan di siang hari. Saat mudik sering jalur diputar ke jalur alternatif, saat malam kemungkinan  tersesat sangatlah besar, sulit untuk bertanya. Paling parah, jalur alternatif tanpa penerangan dan jelek bisa menjebak kendaraan hingga terjatuh.

mudik malam hari
Melakukan Perjalanan Mudik di Malam Hari Lebih Beresiko

Untuk menjelajah jalur alternatif bisa membawa peta, dimana arah dan jarak bisa diketahui secara akurat. Bisa pula membawa perangkat GPS atau telepon seluler yang tersambung internet untuk info posisi dan jalur jalan alternatif.

Pertimbangan lain, bila jarak tempuhnya mencapai lebih dari 10 jam sebaiknya perjalanan dimulai subuh. Istirahat di pagi hari dan diteruskan sampai tengah hari dan istirahat lagi.

Lainnya yang perlu diingat, arah perjalanan. Bila meluncur ke arah timur sebaiknya dilakukan sebelum matahari terbit  sampai matahari terbit dilanjutkan bila matahari sudah tinggi sekitar pukul 9 pagi. Sinar matahari yang terus-menerus menerpa mata dengan kuat akan menyebabkan mata lelah.

Sama halnya bila harus ke barat di sore hari, berhentilah 2 jam sebelum matahari terbenam. Sinar matahari yang kuat di sore hari bisa menyebabkan mata sakit. Tetap yang teraman adalah perjalanan siang hari, bila ingin tetap mudik tapi juga ingin tetap puasa perjalanan bisa dimulai lewat tengah malam hingga siang. Tapi sekali lagi, jangan paksakan bila kondisi fisik kurang memungkinkan.

Beri Komentar

Video Belipart