Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kode kerusakan motor injeksi
Edukasi

Kode Kerusakan Motor Injeksi Honda Yang Wajib Diketahui!

Injeksi memang teknologi yang bisa dibilang masih baru yang menggunakan metode pencampuran udara dan bahan bakar yang disuntikkan (inject). Bisa jadi, sebab suplai bensin yang disuntikkan menjadi lebih efisien berkat pengaturan penuh oleh sistem sesuai input sensor. Namun, dibalik efisiensi BBM motor injeksi ini ternyata juga memiliki potensi kerusakan atau error yang bikin motor rentan mogok hanya karena satu hal sepele. Dan jika terjadi kerusakan pada komponen sensor-sensornya maka terdapat lampu pemberitahuan atau Malfunction Indicator Light (MIL) yang berkedip. Yang harus Sobat Bikers ketahui adalah jumlah kedipan MIL dan kode kerusakan pada motor injeksi Honda, berikut informasi lengkapnya :

 

Kode Kerusakan Motor Injeksi, 1 Kedipan

motor injeksi mogok

Terjadi kesalahan pada bagian sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) dan tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil. Sensor MAP mendeteksi jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Sehingga ketika listrik mengalir melalui variable resistor, voltase berubah berdasarkan pada tekanan yang dideteksi dan voltase yang dihasilkan dipakai sebagai sinyal pengeluaran dari MAP. Sementara ECM menerima sinyal pengeluaran dari sensor sebagai voltase yang berubah-ubah.

Tapi kalian tak perlu khawatir, kedipan ini hanya berarti mesin bekerja masih dengan tahap normal tetapi kurang bertenaga pada putaran atas.

 

Lampu MIL Menyala 7 Kedipan

Ketika terjadi kedipan selama 7 kali pada MIL, maka sensor ECT (Engine Coolant Temperature) dan sambungan EOT (Engine Oil Temperature) tidak berfungsi atau putus. Ini menyebabkan mesin sulit dihidupkan pada suhu rendah dan mesin juga menjadi cepat panas yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.

 

Kode Error 8 Kedipan

kode kerusakan throttle position sensor gas

Kedipan ini memberikan sinyal bahwa sensor Throttle Position (TP sensor) pada motor kalian bermasalah. Posisi TP sensor berada pada sumbu yang sama dengan throttle valve. Bukan tanpa sebab, sensor posisi bukaan gas ini berguna untuk mengetahui besar bukaan throttle valve. Ketika TP sensor ini bermasalah, maka konsumsi bahan bakar jadi lebih boros, akselerasi lemah, dan mesin juga akan sering mati.

 

Injektor Bermasalah Menyala 12 Kedipan

injektor mampet dan rusak

Kode kerusakan motor injeksi yang satu ini menunjukan bahwa injektor pada motor sobat mengalami masalah pada bagian injektor. Injektor baru akan bekerja menyemprotkan bahan bakar ke dalam intake saat ECM mengirim sinyal. Jika injektor bermasalah, maka mesin motor injeksi kalian bakal brebet seperti kehabisan bensin. Bahkan sampai tidak bisa menyala, karena tidak adanya asupan bahan bakar yang disalurkan ke dalam ruang bakar.

 

Baca juga : Dikira Bensin Habis, Ini 6 Sebab Laju Motor Injeksi Brebet

 

Indikator Menyala 29 Kedipan

Kedipan ini mendeteksi adanya permasalahan yang terjadi pada bagian sensor Idle Air Control Valve (IACV). Bagian ini mengatur besaran aliran udara ke intake port saat stasioner alias langsam. Pengaturan ini bekerja melalui throttle valve dengan mengoperasikan slide valve sesuai dengan sinyal pemasukan dari ECM. Dan sudah jelas, ketika kode MIL berkedip 29 kali, maka mesin pasti akan sulit dihidupkan.

 

Arti Kode Kerusakan Motor Injeksi, 33 Kedipan

Ketika MIL berkedip selama 33 kali, ini menandakan bahwa Engine Control Module (ECM) merupakan nama lain dari Engine Control Unit (ECU) bermasalah. Ini mengakibatkan mesin tidak dapat dihidupkan dan sering mengalami mati mendadak.

 

Baca juga : Motor Injeksi Suka Nyendat, Jangan Panik! Ada Solusinya

 

Kode Kerusakan Yang Menyala 54 Kedipan

motor injeksi mati

Kedipan ini mendeteksi bahwa Bank Angle Sensor pada motor Sobat Bikers bermasalah. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat. Jika motor terjatuh, secara otomatis memutuskan kerja PGM-FI maka mesin motor akan mati. Karena injector, pompa bahan bakar dan ignition coil dimatikan oleh ECM. 

Youtube Belipart