Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
aquaplanning
Edukasi

Pengertian Tentang Aquaplanning, Bikers Wajib Tahu!

Meski November sebenarnya sudah memasuki musim penghujan, cuaca masih sangat sulit ditebak. Cuaca cenderung terik sepanjang hari seakan masih di musim kemarau. Meskipun kondisi cuaca sangat susah ditebak, hujan sudah mulai turun di beberapa kawasan. Hal ini lah yang harus diwaspadai Sobat Bikers. Kalian tetap harus mempersiapkan segalanya untuk menghadapi kondisi hujan. Selain itu, perlu juga pengetahuan tentang aquaplanning. Apa itu Aquaplanning? Sebarapa besarkah dampaknya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

Pengertian Aquaplanning

proses aquaplanning atau hydroplanning

Air merupakan suatu zat cair yang memiliki sifat sangat unik yang pernah kita dengar saat masa sekolah dulu. Air juga memiliki tegangan permukaan cukup besar yang dipengaruhi oleh massa jenis/densitas. Makin besar densitas berarti makin rapat pula partikel-partikel dari cairan tersebut. Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya aquaplanning.

Aquaplanning atau hidroplanning merupakan kondisi ketika intensitas air terakumulasi pada bagian depan ban, sehingga bisa menyebabkan ban terangkat atau lebih tepatnya mengambang.

 

Baca juga : 3 Hal Penting Saat Motor Mogok Akibat Musim Hujan

 

Resiko Melewati Genangan Air

musim hujan

Fungsi ban adalah untuk memperbesar friksi terhadap aspal. Adanya hydroplanning sama saja menghilangkan fungsi ban motor kalian, sob. Bahaya atau nggak? Pastinya, resiko ban selip dan tergelincir akan selalu membayang-bayangi pengendara motor saat musim hujan kayak gini.

Tapi yang namanya resiko, masih bisa diminimalisir, kok. Ada metode-metode biar tetap aman. Seperti saat melakukan pengereman saat jalan tergenang air nggak boleh sembarangan karena jelas traksi ban menurun drastis, terlebih pada kecepatan lebih tinggi.

Lakukan pengereman dengan mengkombinasi rem depan dan belakang, kalo pengereman cuma bertumpu di depan, motor gampang melintir. Sedangkan kalau hanya pakai rem belakang, bisa sliding. Perlu diperhatikan juga, kondisi ban juga sangat penting untuk memperkecil kemungkinan tergelincir. Ban yang punya alur atau got lebih banyak, cenderung lebih dapat diandalkan saat menerabas genangan air. Tips memilih ban yang cocok buat musim hujan sudah ditulis pada artikel sebelumnya, sobat bisa klik link nya disini : Ban Terbaik Saat Musim Hujan, Hindari Resiko Tergelincir!

Youtube Belipart